Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 12 Agu 2023 00:52 WIB ·

Kyai Abbas Muin, Sosok Manusia Desa yang Tersembunyi


 Launching dan Bedah Buku, Kyai Abbas Muin, sosok Kyai Desa yang tersembunyi (Foto : Setyo Haryono) Perbesar

Launching dan Bedah Buku, Kyai Abbas Muin, sosok Kyai Desa yang tersembunyi (Foto : Setyo Haryono)

Purbalingga (DESAMERDEKA) – Satu tahun wafatnya figur seorang pemberdaya desa membawa kisah kebaikan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khususnya Banyumas. Kiprahnya yang sangat besar bagi petani dan warga desa membuatnya dikenal sebagai Kyai Desa yang peduli terhadap nasib para petani.

Kyai Abbas Muin, telah meletakkan dasar-dasar pemberdayaan masyarakat desa melalui gerakan reforma agraria dan mengembalikan hak-hak petani. Kesungguhannya dalam dunia advokasi desa melahirkan sebuah pemikiran fundamental bagi sistem pengelolaan kebijakan desa yang luar biasa, yakni lahirnya Undang-undang Desa pada tahun 2014, sebagai landasan program pembangunan desa, dengan stimulus anggaran yang siginifikan berupa Dana Desa

Hal itu dikisahkan oleh para sahabat dan murid beliau pada event launching dan bedah buku yang berjudul Kyai Abbas Muin: Manusia Desa Yang Tersembunyi, yang dilaksanakan pada Kamis 10 Agustus 2023 di sekretariat GATRA Desa Pamijen Sokaraja Banyumas. Acara tersebut sekaligus dalam rangka peringatan haul 1 tahun wafatnya beliau.

Banyak kisah inspiratif dan teladan yang disampaikan oleh narasumber pada bedah buku tersebut. Sebut saja Ahmad Tohari seorang maestro budaya dan sastra yang sekaligus teman masa muda Kyai Abbas Muin yang pernah berjuang bersama dalam membesarkan NU di wilayah Banyumas. Secara gamblang Ahmad Tohari menceriterakan bagaimana Kyai Abbas Muin melakukan perjuangan organik untuk membela hak- hak petani dan desa.

Selain itu, Ahmad Aziz seorang pemikir pembaharuan juga turut bersaksi atas kiprah dan jasa almarhum dalam meletakkan dasar-dasar pemberdayaan masyarakat desa. Sebagai sesama yang bergerak dalam membesarkan Nahdlatul ulama lewat jalur pemberdayaan, beliau melihat sosok Abbas Muin adalah seorang kyai modern, sekaligus pemikir dan penggerak masyarakat secara kultur, khususnya warga NU.

Layaknya seorang kyai pada umumnya, Abbas Muin memiliki ribuan santri/pengikut yang tersebar di seantero nusantara, hal itu terungkap pada buku yang ditulis oleh para sahabat, keluarga dan para santrinya.

Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dipulangkan, Tim Karate Malut Urung Berlaga di Kejurnas Karate Antar PPLP PPLPD dan SKO 2024 di Manado

14 Mei 2024 - 18:50 WIB

Pedagang Pasar Gamalama Kecewa Kebijakan Pemkot Ternate Beri ijin Pedagang Musiman Pasang Tenda-Tenda di Area Terminal

30 Maret 2024 - 21:32 WIB

KONGRES DESA BERSATU MENUJU INDONESIA MAJU

27 Maret 2024 - 23:24 WIB

Gus Halim: Prosedur Pengelolaan Dana Desa Perlu Aturan Lebih Baku

27 Maret 2024 - 15:22 WIB

Simetromas Mudahkan Layanan Tera Ulang, Alat UTTP di Kabupaten Banyumas

26 Maret 2024 - 21:59 WIB

Kongres Desa Bersatu

23 Maret 2024 - 07:33 WIB

Anggota kongres Indonesia bersatu seluruh Indonesia
Trending di RAGAM