Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 18 Jul 2023 10:16 WIB ·

Tak Mau Sia-siakan Momen JFC, DPMD Jember Gelar Rapat Koordinasi Bahas Persiapan Pameran Produk Unggulan Desa


 Tak Mau Sia-siakan Momen JFC, DPMD Jember Gelar Rapat Koordinasi Bahas Persiapan Pameran Produk Unggulan Desa Perbesar

desamerdeka.id – JEMBER : Event Internasional Jember Fashion Carnival (JFC) yang akan dilaksanakan pada 4-6 Agustus 2023, menjadi momentum bagi desa untuk tampilkan produk unggulan. Hal inilah yang menjadi pembahasan rapat koordinasi yang diselenggarakan DPMD Jember hari ini (17/7) bersama pejabat pemerintah kecamatan dan pendamping desa yang ada di 28 kecamatan bertempat di Aula Kantor DPMD Jember.

Rapat yang dimulai pada pukul 12.30 WIB ini dibuka oleh Poerwahjoedi, selaku Kabid PMD di DPMD Jember, dan juga dihadiri oleh Tim JFC serta Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Jember.

“Ini adalah event yang patut kita banggakan, karena ini adalah ajang promosi potensi desa. Tiap kecamatan nanti menampilkan produk unggulan desa masing-masing” ujar Poerwahjoedi.

Dalam rapat ini, Tim JFC menyampaikan bahwa kegiatan promosi produk unggulan desa yang merupakan formulasi hasil kerjasama antara JFC, DPMD Jember, dan pendamping desa, pada event JFC tahun 2023 ini adalah kegiatan tahun ke-II, yang mana tahun ke-I dilaksanakan pada JFC tahun 2022.

Dalam penjelasannya, Dodik Merdiawan, selaku Koordinator TPP Jember, menyampaikan tentang teknis kegiatan, kebutuhan pendanaan yang dibutuhkan, serta pencatatan dalam pengelolaan keuangan.

“Pameran produk unggulan desa pelaksanaannya efektifnya 3 hari, tanggal 3 – 6 (Agustus, red). Tanggal 3 kita melakukan penataan produk yang akan dipamerkan. Tanggal 4 – 6 eventnya, mulai 09.30 sampai dengan 22.00 WIB” ujar Dodik.

“Tendanya nanti disiapkan panitia kabupaten, sifatnya sewa. Kalau ditahun lalu 2 kecamatan jadi 1 tenda, tapi sekarang tidak, 1 kecamatan 1 tenda.” lanjutnya.

“Sumber pelaksanaan dibebankan pada APBDes 2023. Kode kegiatannya pos anggarannya ada di nomenklatur kode 3.2.3, yang rata-rata desa sudah menganggarkan. Bagaimana yang tidak menganggarkan, maka diambilkan pada kode 1.1.8, apa ini, yaitu operasional pemerintah desa 3% yang bersumber dari dana desa” ucap Dodik menambahkan. [WIA]

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Trending di DESA