Menu

Mode Gelap
Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

EKBIS · 22 Des 2023 16:04 WIB ·

PBI Gerbangmassa Fasilitasi 1.000 NIB UMKM Sragen


 PBI Gerbangmassa Fasilitaasi 1.000 NIB Perbesar

PBI Gerbangmassa Fasilitaasi 1.000 NIB

Sragen (Desa Merdeka): Sebanyak 1.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sragen mendapat fasilitasi pengurusan nomor izin berusaha atau NIB secara gratis dari PBI Gerbangmassa. Kegiatan tersebut merupakan Kerjasama PBI Gerbangmassa dengan P2GS UMKM Gading Sukowati.

Penyerahan 1.000 NIB baru kepada 1.000 pelaku usaha UKM di Sragen, tersebut dilaksanakan melalui kegiatan Pertemuan Akbar Anggota UMKM Gading Sukowati Penerbitan NIB 1.000 Pelaku Usaha serta Pembentukan Koperasi “Prasasti Sukowati”, yang berlangsung di Lapangan umum Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen Sabtu (07/10/2023).

“Kemudahan perizinan berusaha merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang diturunkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Dalam hal ini NIB yang diterbitkan melalui sistem OSS ini berlaku sebagai perizinan tunggal, dimana pelaku usaha tidak perlu lagi mengurus perizinan seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP).” Ungkap Sigit Wahyudi, Ketua PBI Gerbangmassa.

Sigit menambahkan, fasilitasi pemberian NIB bagi 1.000 pelaku usaha yang tergabung dalam paguyuban P2GS Gading Sukowati ini mendapat sponsor dari PT. Pupuk Indonesia dan Pertamina Geothermal Energy, dimana kegiatan ini merupakan bagian dari target kegiatan kerjasama antara PBI Gerbangmassa dengan P2GS Gading Sukowati untuk membuka akses pasar produk UKM di Sragen.

Pihaknya juga menargetkan untuk memperkuat posisi UKM di Sragen dalam rantai produksi, mengoptimalkan pembiayaan murah pelaku usaha kecil, BUMDesa dan koperasi, hingga mendorong peningkatan ekspor nasional.

Luluk Nur Hamidah, M.Si., M.PA. Komisi VI DPR RI yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pemberian nomor induk berusaha (NIB) ini merupakan bagian dari percepatan transformasi usaha informal menjadi usaha formal bagi para pelaku usaha kecil

Dalam laporannya, Ketua P2GS Gading Sukowati berharap agar program-program yang diupayakan untuk UMKM di Kabupaten Sragen bersifat suistainable agar terus menggeliat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Sragen.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel

13 Juli 2024 - 06:10 WIB

BUMDes Jember Mati Suri: Potensi Besar Terhambat Pengelolaan Lemah

13 Juli 2024 - 04:56 WIB

58 Keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Tiba di Sumbar, Siap Berinvestasi

5 Juli 2024 - 16:36 WIB

Gubernur Sumbar Sambut Baik Pembangunan Pabrik Pengolahan CPO dan Minyak Goreng di Padang

4 Juli 2024 - 18:04 WIB

GDP Oriented dan Pemerataan Kemakmuran

2 Juli 2024 - 12:34 WIB

Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

1 Juli 2024 - 20:45 WIB

Trending di EKBIS