Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

EKBIS · 24 Feb 2024 16:56 WIB ·

BUM Desa di Lampung Timur Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan


 BUM Desa di Lampung Timur Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan Perbesar

Bandar Lampung (DESA MERDEKA) – Forum Komunikasi BUM Desa Bersama LKD Kabupaten Lampung Timur bekerja sama dengan Kemendesa PDTT, Dinas PMD Kab. Lampung Timur dan PKN STAN menyelenggarakan Workshop Laporan Keuangan BUM Desa sesuai standar. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 24 Februari 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan BUM Desa di Lampung Timur agar sesuai dengan standar akuntansi.

Workshop ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kemendesa PDTT, Dr. Ivanovich Agusta. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “laporan keuangan BUM Desa kedepan harus diaudit oleh Kantor Akuntan Publik, agar BUM Desa bisa naik kelas dan mendapatkan pengakuan dari pihak eksternal”.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lampung Timur juga turut hadir dan menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini merupakan inisiatif dari Forum Komunikasi BUM Desma LKD Lampung Timur. “Ijin menyampaikan Pak Kaban bahwa kami dari Dinas Kabupaten maupun Provinsi terus menggiatkan peran BUM Desa/BUM Desma, dalam waktu dekat BUM Desa akan menjadi distributor Pupuk, Beras dan Obat,” ujar beliau.

Workshop ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Lampung dan Kakanwil DJPB Provinsi Lampung. Dalam sambutannya, Kakanwil DJPB Provinsi Lampung menyatakan bahwa “Kegiatan kolaborasi Kemenkeu One, adalah bentuk sinergi lintas unit/instansi di lingkungan Kemenerian Keuangan. Kami dari DJPB Lampung sangat support dan akan mempromosikan dan menfasilitas untuk pengembangan peran BUM Desa ke depan”.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh 16 BUM Desa LKD dari 16 kecamatan di Kabupaten Lampung Timur. Masing-masing BUM Desa mengirimkan 2 peserta. Target dari workshop ini adalah BUM Desa LKD bisa menyusun laporan keuangan lengkap dengan menggunakan aplikasi yang disusun oleh Tim PKN STAN.

Pada sesi workshop, peserta mendapatkan materi terkait dengan dasar-dasar akuntansi, pentingnya akuntabilitas laporan keuangan BUM Desa, dan latihan penggunaan aplikasi laporan keuangan BUM Desa. Peserta juga diberikan pembimbingan untuk melakukan dokumentasi sumber dengan tertib agar kedepan apabila BUM Desa siap untuk diaudit KAP maka dokumen mudah untuk dilacak ketika dibutuhkan.

Diharapkan dengan adanya workshop ini, BUM Desa di Lampung Timur dapat meningkatkan kualitas laporan keuangannya dan menjadi lebih akuntabel. Hal ini akan membantu BUM Desa untuk mendapatkan pengakuan dari pihak eksternal dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap BUM Desa.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

58 Keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Tiba di Sumbar, Siap Berinvestasi

5 Juli 2024 - 16:36 WIB

Gubernur Sumbar Sambut Baik Pembangunan Pabrik Pengolahan CPO dan Minyak Goreng di Padang

4 Juli 2024 - 18:04 WIB

GDP Oriented dan Pemerataan Kemakmuran

2 Juli 2024 - 12:34 WIB

Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

1 Juli 2024 - 20:45 WIB

BPKP Sumbar dan Perumda Air Minum Kota Padang Tandatangani Nota Kesepahaman Implementasi GRC

24 Juni 2024 - 19:02 WIB

Petani di Sianok Anam Suku Sukses Kembangkan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo

9 Juni 2024 - 15:29 WIB

Trending di EKBIS