Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PEMILU · 10 Mei 2023 15:44 WIB ·

Temukan Dugaan TPP Desa Lakukan Politik Praktis, Bawaslu Bangka Belitung Koordinasi Kemendes


 Temukan Dugaan TPP Desa Lakukan Politik Praktis, Bawaslu Bangka Belitung Koordinasi Kemendes Perbesar

Bangka ( DESA MERDEKA) – Tim Bawaslu Bangka Belitung yang diketuai oleh EM Osykar, melakukan pembahasan bersama pihak Kemendes PDTT di Jakarta, guna memastikan tindak lanjut rekomendasi dugaan pelanggaran peraturan perundang-undangan lain yang sebelumnya telah disampaikan kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

“Tujuan kami ingin melihat tindaklanjut dari Kemendes terkait rekomendasi kami karena Bawaslu memiliki fungsi pencegahan, artinya kami menghindari penindakan pelanggaran, kami ingin melihat bagaimana kebijakan dari Kemendes PDTT,” kata Osykar, Rabu (10/5/2023).

Sebelumnya, Bawaslu bangka belitung, menerima laporan dari masyarakat pada tanggal 22 Maret 2023 melalui pesan singkat WhatsApp terkait adanya indikasi Tenaga Pedamping Profesional (TPP) yang mengarahkan dan menggerakkan pendamping desa tingkat kabupaten/kota, kecamatan hingga desa untuk merekrut masyarakat sebanyak sepuluh orang tiap desa. TPP Desa di bangka Belitung tersebut, diduga telah melakukan kegiatan politik praktis, dengan mendukung salah satu ketua umum partai politik yang menjadi peserta pemilu tahun 2024 berinisial MI.

Setelah melakukan pemanggilan terhadap beberapa pihak dan melakukan kajian mengenai dugaan pelanggaran, Bawaslu Bangka Belitung menyimpulkan, bahwa temuan tersebut, diduga juga melanggar peraturan perundang-undangan lainnya yaitu keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 143 tahun 2022 tentang petunjuk teknis pendampingan masyarakat desa.

“Semua laporan dan temuan di lapangan langsung kita tindaklanjuti serius sehingga fungsi pencegahan dan pengawasan akan optimal untuk menjaga kondusifitas di setiap tahapan yang sedang berjalan,” tegas Osykar.

Ketua Bawaslu Bangka Belitung, EM Osykar, memastikan akan mengawal tindak lanjut atas rekomendasi tersebut. EM Osykar mengaku diberikan amanah untuk adil dan menjaga kepercayaan publik, sehingga mencegah terjadinya pelanggaran merupakan tindakan yang lebih baik.

 

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Seorang Pejuang Demokrasi Ditingkat Bawah Gugur Setelah Selesai Bertugas

17 Februari 2024 - 21:22 WIB

Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu Kecamatan Karangjambu Berjalan Aman dan Lancar

7 Februari 2024 - 22:34 WIB

Yakin Menang! TKN Fanta Prabowo-Gibran Gelar  Kopdar Pemilih pemula dari Kalangan Milenial di Banyumas.

6 Februari 2024 - 20:25 WIB

KNPI Bone Bolango Sesalkan Edaran Menyesatkan Via WhatsApp Menimbulkan Kegaduhan.

25 Januari 2024 - 14:56 WIB

Jaga Transparansi, Ketua RW Dipilih Secara Langsung

21 Januari 2024 - 09:45 WIB

Gelar Jumat Curhat, Kapolsek Penukal Utara Kunjungi Desa Tempirai

22 Desember 2023 - 14:29 WIB

Trending di PEMILU