Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 22 Jul 2023 07:34 WIB ·

Program Desa B2SA Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah Sosialisasi Konsumsi Pangan di Desa Karangasem, Purbalingga


 sosialisasi konsumsi pangan B2SA Program desa B2SA Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Perbesar

sosialisasi konsumsi pangan B2SA Program desa B2SA Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah

Purbalingga (Desa Merdeka) : Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya konsumsi pangan yang sehat dan bergizi, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah meluncurkan Program Desa Berbasis Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (B2SA). Kegiatan sosialisasi konsumsi pangan tersebut dilaksanakan di Desa Karangasem, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga pada tanggal 21 Juli 2023. Acara ini juga diikuti oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Karangasem, yang bertujuan untuk memberdayakan dan menguatkan sektor ekonomi lokal.

Program Desa B2SA merupakan salah satu program inovatif yang ditawarkan oleh Dinas Ketahanan Pangan di Provinsi Jawa Tengah. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan dan gizi dalam makanan sehari-hari, serta mendorong mereka untuk mengkonsumsi pangan yang berkualitas dan bergizi.

Khozin, selaku Kepala Desa Karangasem, menyambut kegiatan tersebut dengan gembira dan mengapresiasi upaya dari Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah dalam memperkenalkan Program Desa B2SA di desanya. Ia berharap program ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Karangasem dalam memahami pentingnya pola makan yang sehat.

“Dengan adanya program sosialisasi konsumsi pangan ini, diharapkan masyarakat Desa Karangasem semakin sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat. Selain itu, kami berharap pelaku UMKM di desa kami juga dapat ikut berperan aktif dalam menyediakan makanan berkualitas untuk masyarakat,” ungkap Khozin dengan antusias.

Acara sosialisasi dihadiri oleh para petugas dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah yang memberikan presentasi dan penyuluhan mengenai gizi dan manfaat makanan bergizi. Masyarakat Desa Karangasem dan pelaku UMKM dengan antusias mengikuti acara ini dan aktif bertanya terkait dengan topik yang disampaikan.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, para pelaku UMKM Desa Karangasem juga diberikan informasi tentang peluang-peluang usaha di sektor makanan yang sehat dan bergizi. Dinas Ketahanan Pangan memberikan pemahaman tentang standar dan persyaratan yang harus dipenuhi agar produk makanan lokal dapat diperluas pasarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menyatakan, “Melalui Program Desa B2SA, kami berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan yang sehat dan bergizi. Kami juga ingin mendukung para pelaku UMKM di desa-desa agar dapat berkontribusi dalam menyediakan makanan berkualitas bagi masyarakat.”

Kegiatan sosialisasi konsumsi pangan di Desa Karangasem ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk mendorong perubahan pola konsumsi masyarakat menjadi lebih sehat dan berkualitas. Dengan dukungan penuh dari Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, diharapkan program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Karangasem.

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Trending di DESA