Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PENDIDIKAN · 18 Mei 2024 00:28 WIB ·

PNP Kembangkan Destinasi Wisata Berkearifan Lokal


 PNP Kembangkan Destinasi Wisata Berkearifan Lokal Perbesar

Padang Pariaman (Desa Merdeka) : Politeknik Negeri Padang (PNP) mendapat kunjungan tim asesor lapangan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) mulai Kamis – Sabtu (16 – 18 Mai 2024).

Dalam sambutannya pada Jum’at (17/05), Direktur PNP – Dr. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom mengatakan bahwa Program Studi (Prodi) D4 Destinasi Pariwisata merupakan salah satu dari 5 Prodi dalam Jurusan Administrasi Niaga yang akan dilakukan asesmen lapangan oleh BAN – PT.

“Prodi D4 Destinasi Pariwisata yang dibentuk sejak tahun 2021 diharapkan memiliki lulusan yang mampu mengembangkan industri kepariwisataan di Sumatera Barat. Untuk itu perlu dilakukan asesment lapangan yang dilakukan oleh BAN – PT,” jelas Surfa Yondri.

Tim asesor BAN – PT terdiri dari 2 orang, yakni: Dr. Aceng Gima Sugiama,SE.,MP dan Drs. Jacob Ganef Pah, MT.

“Ada 3 hal pokok yang akan dinilai dalam kegiatan ini, seperti: 1) Legalitas, 2) Administrasi dan 3) Visioner atau pandangan ke depannya,” tukas Aceng.

Sementara itu, Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Dr. Primadona, SE., M.Si. memaparkan Profil Jurusan Administrasi Niaga, diantaranya: visi, misi, sejarah berdirinya Jurusan Administrasi Niaga dan lainnya.

“Visi kami adalah menjadi program studi terkemuka yang menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan destinasi wisata berkearifan lokal, berkelanjutan serta memiliki kemampuan kewirausahaan yang tinggi, inovatif yang berdaya saing global.”

Primadona melanjutkan, “Sejak berdirinya Jurusan Administrasi Niaga pada tahun 1997 sampai sekarang, sudah ada 5 Prodi (Program Studi) yang dibentuk, yakni: Prodi Administrasi Bisnis tahun 1997, Prodi UPW (Usaha Perjalanan Wisata) tahun 2008, Prodi Destinasi Pariwisata (2021), Prodi Bisnis Digital (2022) dan terakhir Prodi Logistik Perdagangan Internasional pada 2023 lalu.”

Ketua Prodi D4 Destinasi Pariwisata adalah Alfatah Haries,S.ST.Par.,M.Par.

“Adapun pihak-pihak yang diwawancarai oleh Tim Asesor Lapangan BAN-PT  antara lain: mahasiswa, DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), mitra pokdarwis, dosen yang mengajar di prodi, kabag, kasubag, bagian keuangan, kepegawaian, tim PPMPP (Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran) dan P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat),” pungkas Alfatah.

Mitra Pokdarwis yang diundang adalah Pokdarwis Paingan dari Desa/Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman yang dikomandoi oleh H. Ali Akbar.

Dari DUDI adalah MASATA (Masyarakat Sadar Wisata) Provinsi Sumatera Barat, selaku ketua adalah Joni Mardianto.

Artikel ini telah dibaca 108 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kekhalifahan dan Reformasi Bumi Prof. Dr. Nurcholish Madjid

15 Mei 2024 - 23:12 WIB

Praktik Baik Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu bagi Literasi Anak di Kota Batam

1 Maret 2024 - 22:59 WIB

Praktik baik prmanfaatan buku bagi literasi anak

Perjuangan Seorang Ayah Untuk Menjadikan Sarjana Anaknya Dengan Keluar Masuk Tempat Sampah

1 Maret 2024 - 07:48 WIB

Gol A Gong, Duta Baca Indonesia Bertandang Diskusi Dan Beri Apresiasi Warung Baca Pasinaon Ungaran

21 Februari 2024 - 23:28 WIB

Mengintip TBM “Rumah Sastra” sebagai Ruang belajar bagi Calon Penulis Handal

29 Januari 2024 - 13:23 WIB

Korps PMII Putri Karimun Tekankan Pentingnya Membangun Sumber Daya Perempuan Sebagai Modal Membangun Bangsa

22 Januari 2024 - 19:01 WIB

Trending di PENDIDIKAN