Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

EKBIS · 23 Agu 2023 20:29 WIB ·

Mas Menteri Sandi Uno: UMKM dan Transformasi Digital Saling Berkaitan


 Mas Menteri Sandi Uno: UMKM dan Transformasi Digital Saling Berkaitan, Selasa (22/08). (Foto Dok.: IDe Dewi) Perbesar

Mas Menteri Sandi Uno: UMKM dan Transformasi Digital Saling Berkaitan, Selasa (22/08). (Foto Dok.: IDe Dewi)

Padang Pariaman (Desa Merdeka) : Memperingati Hari UMKM Nasional & Kemerdekaan RI 2023, LPK GeTI menyelenggarakan Webinar “Merdeka Berkarya, UKM Merdeka” Sinergi & Kolaborasi Content Creator & UMKM Indonesia, Selasa (22/08), mulai pukul 14.00 – 15.30 WIB.

Amalia Prabowo – Direktur Utama Exporthub.id dan PT. Global Edukasi Talenta Incubator (GeTI) dalam sambutannya menyampaikan, “Kami merupakan ekosistem yang membantu penjualan produk-produk UMKM Indonesia. Ada 6 perusahaan besar dalam ekosistem tersebut, seperti: GeTI, DEI, BENCUAN, AeXI, DTI dan UPI.”

“Pelatihan dan pendampingan di dunia digitalisasi diselenggarakan oleh GeTI melahirkan Gerakan OVOY – One Village One Youtuber,” tukas Amalia Prabowo.

Hadir dalam acara yang dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan YouTube ini diantaranya: Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Makro Rulli Nuryanto, SE. M.Si., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., MBA, Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PEID-DTT) Kemendes PDTT Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si.

Ada Roby Iskan penggagas Gerakan OVOY, Head of Creative Bencuan & TikTok MCN Official Rizaldy Febriyansah, Founder UMKM Rumah Tissue Restia Ariyani dan Konten Kreator & Musisi Kery Astina serta dimoderatori oleh Nadia Amalia.

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Makro Rulli Nuryanto menegaskan, “UMKM Indoensia harus mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Menggunakan dan membeli produk-produk UMKM di dalam negeri. Bangga Buatan Indonesia!”

Selanjutnya Mas Menteri Sandi Uno menjelaskan bahwa dalam Bali Leaders Declaration (15-16 Nopember 2022) pada alinea no. 47, “ .. mendorong untuk meningkatkan UMKM melalui pengembangan SDM  dan Transformasi Digital. Hal ini adalah bukti bahwa UMKM dan Transformasi Digital adalah hal yang saling berkaitan.”

Harlina Sulistyorini lebih menekankan kepada isu-isu pengembangan produk unggulan di desa.

“Masalah ekonomi yang dihadapi di desa adalah: 1) Rendahnya skala ekonomi, 2) Lemahnya akses pasar, 3) Jalur distribusi yang panjang, 4) Rendahnya sarana pasca panen dan 5) Kesulitan permodalan.”

Peserta yang hadir 300-an orang dengan antusias melontarkan pertanyaan-pertanyaan pada sesi tanya jawab seputar pengalaman Restia Aryani dalam mengembangkan produk Rumah Tissue dan Kery Astina sebagai Konten Kreator.

Artikel ini telah dibaca 96 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

28 Maret 2024 - 20:43 WIB

Presiden Joko Widodo berkunjung pasar diwonogiri

2 Februari 2024 - 05:59 WIB

PBI Gerbangmassa Fasilitasi 1.000 NIB UMKM Sragen

22 Desember 2023 - 16:04 WIB

PBI Gerbangmassa Fasilitaasi 1.000 NIB

KPPU Lakukan Sosialisasi Peran KPPU Bersama Anggota Komisi VI DPR RI Luluk Nur Hamidah

5 Desember 2023 - 11:46 WIB

KPPU Lakukan Sosialisasi Peran KPPU Bersama Luluk Nur Hamidah

Pinang Wangi Sikucua Padang Pariaman menjadi Varietas Unggul Baru 2023

30 Oktober 2023 - 10:29 WIB

Benarkah Nasib Usaha Kecil Dilibas Social Commerce?

16 Oktober 2023 - 23:11 WIB

Trending di EKBIS