Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 28 Apr 2023 10:43 WIB ·

Senangnya Warga Desa Bunut Tuban, Kadesnya Masuk Bui


 Senangnya Warga Desa Bunut Tuban, Kadesnya Masuk Bui Perbesar

Tuban ( DESA MERDEKA ) –  Warga desa Bunut menyempatkan diri mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban, untuk memastikan kebenaran kabar penahanan Kepala Desa Bunut, Kecamatan Widang Kabupaten Tuban, Budi Utomo, sebagai tersangka dugaan korupsi pengelolaan dana desa.

“Saya datang Kejaksaan untuk mengecek, apa benar ada penahanan. Ternyata memang ditahan dan dititipkan ke Lapas,” ujar Suwondo, salah seorang warga Desa Bunut, Kamis (27/4/2023).

Upaya yang dilakukan oleh Kejari Tuban dalam menangani dugaan penyelewengan APBDes yang diduga dilakukan Budi Utomo, disambut baik dan penuh rasa syukur oleh Suwondo.

“Sebagai wakil dari warga Bunut, Saya mengucapkan terima kasih kepada Kejari Tuban, bahwa apa yang diinginkan warga sudah dikabulkan,” tegas Suwondo.

Semenjak kasus dugaan penyelewengan uang rakyat di Bunut mengemuka kurang lebih 3 tahun lamanya, Suwondo mengaku terus melakukan pengawalan. Bahkan saking kesalnya, Suwondo berharap Kades yang terpilih 2 periode itu mendapatkan hukuman yang setimpal atas perbuatannya.

“Kami warga masyarakat berharap ancaman hukumannya lebih dari 10 tahun,” harap Suwondo tegas.

Dikabarkan sebelumnya, Budi Utomo resmi ditahan di Lapas IIB Tuban usai ditetapkan sebagai tersangka pada 3 April 2023 lalu atas dugaan penyelewengan APBDes tahun 2016 hingga 2019 bersama Nevi Ayu Indasari yang sudah ditahan di Lapas II B Tuban pada 2021 silam. Selanjutnya, Budi Utomo ditahan mulai 27 April 2023 hingga 20 hari kedepan. Penahanan tersebut dalam rangka tahap penyidikan, yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif.

“Syarat subjektifnya, tentu saja tersangka ini (Budi Utomo) dikuatirkan melarikan diri, dan menghilangkan alat bukti,” kata Muis Ari Guntoro, Kasi Intel Kejari Tuban.

Sedangkan, syarat objektifnya, lanjut Muis, disebutkan dalam ketentuan pasal 21 KUHAP, bahwasanya perbuatan Budi Utomo diduga melanggar pasal 2, juncto pasal 3, juncto pasal 18 UU Korupsi, dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

“Dalam rangka penyidikan, maka tim penyidik akan segera optimal menyelesaikan perkara ini. Nanti akan segera dilimpahkan ke pengadilan,” tandas Muis.

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Jurnalis

Satu tanggapan untuk “Senangnya Warga Desa Bunut Tuban, Kadesnya Masuk Bui”

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Upaya Memperluas Cakrawa Artistik JLF 2024 Gelar Lengger Banyumasan

15 Juni 2024 - 10:01 WIB

Kapolres Metro Bekasi Gelar Olahraga Bersama Dan Berikan Doorprize Sambut HUT Bhayangkara ke -78

14 Juni 2024 - 17:55 WIB

INTERVENSI SERENTAK PENCEGAHAN STUNTING DI CIKULUR

12 Juni 2024 - 12:03 WIB

Terbukti Langgar AD/ART dan Kode Etik, FORKI Malut Beroleh SP-Satu Dari KONI Malut

10 Juni 2024 - 21:00 WIB

Ajak jaga Keamanan Lingkungan, Polres Metro Bekas Laksanakan Kunjungan Ke Wilayah Hukum Polres Metro Bekasii

9 Juni 2024 - 11:34 WIB

Dukung Kiayi Aep, Milenial di Lebak Inginkan Lebak Melesat Berkemajuan

4 Juni 2024 - 19:01 WIB

Trending di RAGAM