Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

JALAN JAJAN · 13 Jul 2023 15:00 WIB ·

Pasangan Suami Istri Asal Purbalingga Bersepeda ke Makkah untuk Menunaikan Ibadah Haji


 Foto Pasangan Arif dan Nurlaeli saat gowes di Purbalingga (sumber : foto pribadi arif) Perbesar

Foto Pasangan Arif dan Nurlaeli saat gowes di Purbalingga (sumber : foto pribadi arif)

PURBALINGGA (DESA MERDEKA) : Tekad dan kemauan yang kuat dapat mengalahkan segalanya, seperti yang ditunjukkan oleh pasangan suami istri asal Purbalingga, Jawa Tengah, yang memutuskan untuk pergi haji dengan bersepeda ke Tanah Suci. Pasutri yang berprofesi sebagai penjual martabak ini telah menabung selama puluhan tahun untuk mewujudkan impian mereka menunaikan ibadah haji secara mandiri. Dalam perjalanan menuju Makkah, mereka akan bersepeda selama delapan bulan ke depan.

Ratusan warga dari Desa Cipawon, Kabupaten Purbalingga, berkumpul di halaman masjid untuk memberikan pengantar kepada pasangan suami istri tersebut. Arif Mulyono dan Nurlaeli, pasangan yang berprofesi sebagai penjual martabak, akan memulai perjalanan bersepeda mereka menuju Makkah untuk berhaji.

Pasangan suami istri ini telah memiliki tekad bulat untuk bersepeda bersama ke Tanah Suci Makkah pada musim haji tahun 2024 mendatang. Mereka memilih sepeda sebagai alat transportasi untuk menunaikan haji karena tidak ingin menunggu lama sesuai jadwal pemerintah. Dua unit sepeda menjadi kendaraan mereka dalam perjalanan haji ke Makkah. Keberangkatan pasangan suami istri ini diberi penghormatan oleh ratusan warga dan komunitas sepeda Purbalingga.

Keberangkatan pasangan suami istri penjual martabak ini dipenuhi dengan rasa haru dan gembira. Tangisan dan pelukan haru terlihat saat mereka bersiap-siap berangkat dari rumah mereka di Desa Cipwon, Purbalingga. Arif Mulyono dan Nurlaeli bertekad untuk terus mengayuh sepeda mereka hingga mencapai Makkah sesuai keinginan mereka. Setelah menabung selama puluhan tahun dari hasil penjualan martabak, mereka akhirnya berhasil mengumpulkan dana untuk berangkat haji berdua. “Kami berniat untuk bersepeda sambil beribadah. Sebelumnya, kami telah memiliki niat untuk bersepeda ke Makkah dan telah mempersiapkan paspor dan persyaratan lainnya. Perkiraan waktu tiba di Makkah adalah sekitar 8 bulan. Kami akan beribadah haji pada tahun depan,” ujar Arif Mulyono, jemaah calon haji bersepeda.

“Kami memilih bersepeda ke Makkah karena panggilan Allah. Jika kami mengikuti program pemerintah, kami harus menunggu 23 tahun. Suami dan saya telah bertekad untuk beribadah haji sambil bersepeda. Insya Allah, kami akan melaksanakan haji pada tahun 2024,” kata Nurlaeli, jemaah calon haji bersepeda.

Pasangan suami istri ini akan bersepeda melintasi beberapa negara, termasuk Singapura, Thailand, Myanmar, Uni Emirat Arab, hingga mencapai Makkah. Diperkirakan mereka akan tiba di Makkah dua bulan sebelum musim haji tahun 2024 mendatang.

 

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Gus Halim Dukung Pemanfaatan Potensi Desa untuk Desa Wisata

28 Agustus 2023 - 05:49 WIB

Ragam Atraksi Budaya di Festival Desa Wisata Cikolelet 2023, Catat Tanggalnya!

8 Agustus 2023 - 20:20 WIB

Mengintip Pesona Wisata Wayang Kulit Ala Desa Sidowarno

28 Mei 2023 - 19:48 WIB

Diback Up ITB, 4 Desa di Magetan Berbenah Jelang Kejuaraan Paralayang se-ASEAN

28 Mei 2023 - 13:44 WIB

Hanya 3 Km Dari Denpasar, Desa Ini Sukses Bertengger di 75 Besar ADWI 2023

24 Mei 2023 - 20:49 WIB

Kaltara Tetapkan Lima Desa Wisata Unggulan

23 Mei 2023 - 20:31 WIB

Trending di JALAN JAJAN