Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 5 Agu 2023 20:07 WIB ·

Empat Kegiatan, Jadi Fokus Monev Dana Desa Ngadipiro 2023


 Team monev dari kecamatan Nguntoronadi Perbesar

Team monev dari kecamatan Nguntoronadi

Wonosobo (DESA MERDEKA) – Sebanyak empat kegiatan fisik di Desa Ngadipiro menjadi sasaran monitoring dan evaluasi penggunaan dana desa 2023. Kegiatan tersebut berupa gedung PAUD Gumilang 1, pembuatan kolam lele sebagai bentuk ketahanan pangan, talud lapangan dan lumbung pangan.

“Kita hanya monitoring dan evaluasi saja, sejauh mana mereka melaksanakan kegiatan ini dan kendala apa yang mereka temui di lapangan. Kita memberikan masukan apabila ada kendala yang ditemui oleh pemerintah desa. Jadi kita lebih kepada pembinaannya,” ungkap Sri Utami, pendamping desa, saat mengecek pembangunan fisik di Desa Ngadipiro, Selasa,(1/8/2023).

Monev tersebut, seperti disampaikan Sri Utami, dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dan aparat desa bisa tertib dalam administrasi program pembangunan yang menggunakan Dana Desa. Tercatat pada agustus 2023 ini ada beberapa desa di wilayah Kecamatan Nguntoronadi yang dievaluasi terkait kegiatan pembangunan di desa yang bersumber dari Dana Desa.

“Kita sudah membentuk tim monitoring kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan oleh pemerintah desa,” ujar Sri Utami.

Sri Utami juga menegaskan, bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi ini hanya bersifat teguran dan pembinaan, karena kalau tupoksi pengawasan dan pemeriksaan merupakan ranah Inspektorat.

“Monev ini merupakan salah satu bentuk tugas pemerintah kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Bu Porini, staf Kecamatan Nguntoronadi, saat mendampingi Sri Utami melakukan Monev.

Bu Porini menyampaikan bahwa pemerintah Kecamatan Nguntoronadi melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), terutama terkait pembangunan pemerintah desa di wilayah Kecamatan Nguntoronadi yang menggunakan Dana Desa (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2023

 

 

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Seminar Program KKNT Desa Wisata Unhas, Dispar Berharap Bersinergi Dengan Baik

4 Januari 2024 - 22:53 WIB

Trending di DESA