Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PENDIDIKAN · 26 Jul 2023 07:34 WIB ·

Kwarcab Purbalingga Menuju Jambore Dunia dan Raimuna Nasional, Bupati Titipkan Citra Bangga


 Bupati Purbalingga melepas kontingen Kwarcab Purbalingga ke Jambore Dunia dan Raimuna Nasional (sumber : Protokol & Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Purbalingga) Perbesar

Bupati Purbalingga melepas kontingen Kwarcab Purbalingga ke Jambore Dunia dan Raimuna Nasional (sumber : Protokol & Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Purbalingga)

PURBALINGGA (DESA MERDEKA) : Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, dengan bangga melepas kontingen Kwarcab Purbalingga yang akan mengikuti Jambore Dunia XXV dan Raimuna Nasional XII. Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Purbalingga, Kak Dyah Hayuning Pratiwi memberikan pesan penting kepada para kontingen untuk menjaga citra baik Purbalingga, Jawa Tengah, dan Indonesia dalam ajang internasional tersebut.

“Adek-adek ini adalah duta/perwakilan tentunya nanti harus bisa menjaga nama baik, citra baik Purbalingga, Jawa Tengah termasuk Indonesia. Sehingga tentu sikap, perilaku, dan tutur kata mampu dijaga,” kata Kak Dyah Hayuning Pratiwi pada Senin (24/7/2023) di Pendopo Dipokusumo.

Bupati juga menekankan pentingnya memanfaatkan pengalaman ini dengan baik untuk meningkatkan kapasitas diri. Dia mengingatkan bahwa tidak semua anggota Pramuka memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam ajang internasional seperti ini.

“Kami berpesan agar kesempatan yang baik ini untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. Baik itu untuk menambah wawasan, pengalaman, teman dan ilmu pengetahuan,” ujar Kak Tiwi, sapaan akrab Bupati Purbalingga.

Kak Dyah Hayuning Pratiwi berharap para delegasi/kontingen dari Purbalingga dapat memberikan citra/kesan yang baik bagi peserta dari negara-negara lain. Dia berharap bahwa ketika mereka kembali ke Indonesia dan Purbalingga, mereka dapat menularkan ilmu dan pengalaman yang didapatkan kepada anggota Pramuka lainnya.

“Kami juga tekankan agar mereka nantinya bisa memperkenalkan potensi-potensi Kabupaten Purbalingga dan Jawa Tengah baik di ajang internasional dalam Jambore Dunia maupun di Raimuna Nasional,” tambah Bupati.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Kak Tri Gunawan Setyadi, menjelaskan bahwa Purbalingga akan mengirimkan 2 orang Pramuka Penggalang dan 2 orang Pramuka Penegak untuk mengikuti Jambore Dunia XXV yang akan diselenggarakan di Sae ManGeum, Korea Selatan pada 1 – 12 Agustus 2023.

“Ini adalah sejarah bagi Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga yang mampu mengirimkan 4 orang sekaligus untuk mengikuti event tingkat internasional,” ungkap Kak Tri Gunawan Setyadi dengan penuh kebanggaan.

Tak hanya itu, Kwarcab Purbalingga juga akan mengirimkan 32 orang Pramuka Penegak yang akan berpartisipasi dalam Raimuna Nasional XII. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Buperta Cibubur, Jakarta pada 14 – 21 Agustus 2023.

“Banyak kegiatan yang akan diikuti mereka baik soft skill maupun hard skill yang akan mendukung peserta didik agar memiliki kecakapan hidup yang baik dan membentuk karakter mereka agar mampu menjadi generasi muda yang unggul sesuai Satya Dharma Pramuka,” tambah Kak Tri Gunawan Setyadi.

Dengan semangat dan dukungan dari Bupati Purbalingga dan jajaran pengurus Pramuka, kontingen Kwarcab Purbalingga berangkat dengan penuh semangat untuk mengikuti Jambore Dunia dan Raimuna Nasional, membawa harum nama Purbalingga serta meningkatkan kualitas diri sebagai generasi muda yang berprestasi dan berdedikasi untuk bangsa dan negara.

Artikel ini telah dibaca 65 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

PNP Kembangkan Destinasi Wisata Berkearifan Lokal

18 Mei 2024 - 00:28 WIB

Kekhalifahan dan Reformasi Bumi Prof. Dr. Nurcholish Madjid

15 Mei 2024 - 23:12 WIB

Praktik Baik Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu bagi Literasi Anak di Kota Batam

1 Maret 2024 - 22:59 WIB

Praktik baik prmanfaatan buku bagi literasi anak

Perjuangan Seorang Ayah Untuk Menjadikan Sarjana Anaknya Dengan Keluar Masuk Tempat Sampah

1 Maret 2024 - 07:48 WIB

Gol A Gong, Duta Baca Indonesia Bertandang Diskusi Dan Beri Apresiasi Warung Baca Pasinaon Ungaran

21 Februari 2024 - 23:28 WIB

Mengintip TBM “Rumah Sastra” sebagai Ruang belajar bagi Calon Penulis Handal

29 Januari 2024 - 13:23 WIB

Trending di PENDIDIKAN