Menu

Mode Gelap
Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

POLITIK · 26 Apr 2023 19:46 WIB ·

Protes Warga Lumban Pinggol, Ini Tanggapan Pihak Berwenang


 Camat Pangururan Robintang Elfrianto Naibaho Perbesar

Camat Pangururan Robintang Elfrianto Naibaho

Samosir ( DESA MERDEKA ) – Aksi protes warga Desa Lumban Pinggol, menyusul pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) pergantian antarwaktu (PAW) yang dianggap tidak melibatkan masyarakat, ditanggapi tenang oleh pemerintah Kecamatan Pangururan.

“Kita akan buat kegiatan ngobrol bareng santai bersama dengan masyarakat setempat, ataupun tokoh-tokoh. Sehingga terjalinlah komunikasi yang baik dan menimbulkan suasana yang kondusif, menjelang musyawarah desa dalam rangka pemilihan kepala desa PAW. Direncanakan dalam minggu ini, disesuaikan dengan waktunya desa,” papar Robintang Elfrianto Naibaho, Camat Pangururan.

Robintang mengimbau masyarakat saling berkomunikasi dengan baik, dengan para BPD yang juga wakil masyarakat di desa, sebelum dilaksanakan musyawarah desa.

“Diutamakan adalah kekeluargaan,” sebut nya.

Atas dasar tersebut, Robintang meminta plt kepala desa agar membuat pertemuan warga Desa Lumban Pinggol dengan Camat Pangururan.

“Setelah dicek undangan (pembentukan P2KD), karena tembusan ke kantor camat, saat itu yang diundang adalah seluruh BPD, perangkat desa, Plt kepala desa, unsur masyarakat dan tokoh masyarakat. Menurut informasi yang kami terima, warga tidak hadir dan pertemuan pun dilanjutkan, karena tidak mungkin ditunda lagi,” terang Robintang.

Terpilih dalam P2KD adalah masyarakat yang hadir, namun sesuai informasi yang diterima pihaknya, karena tidak ada yang hadir, maka yang terpilih untuk menjadi P2KD adalah perangkat desa yang hadir.

“Sesuai dengan keputusan rapat bersama BPD, berjalanlah proses mulai dari pengumuman penjaringan calon kepala desa oleh P2KD, dan masuklah tiga calon,” terangnya.

Ia menilai, tahapan yang sudah berjalan dengan baik tersebut, prosesnya juga diikuti masyarakat terlebih dahulu.

“Sama-sama kita pantau, agar P2KD bekerja dengan baik, profesional dan sesuai dengan regulasi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawarahan Desa Maruba Naibaho, dilansir Waspada Online, menyatakan bahwa dalam pembentukan P2KD telah sesuai dengan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati Samosir.

“Untuk prosesnya masih lama, karena sekarang masih proses penerimaan calon,” ujar Maruba.

Menurut informasi yang diterimanya dari P2KD, hingga saat ini calon yang mendaftar sebanyak tiga orang calon Kepala Desa dan P2KD dibentuk dari unsur warga dan juga perangkat desa itu sendiri.

“Kalau bisa dibuat warga, tunggulah prosesnya, karena sekarang masih berjalan prosesnya, jangan dulu meraba-raba, berandai-andai, tentu masih ada nanti musyawarah di desa,” katanya.

 

 

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Balon Walkot Padang Muhammad Iqbal Bersilaturahmi dengan PWRI

11 Juli 2024 - 15:55 WIB

DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan

5 Juli 2024 - 20:10 WIB

Kapolda Jateng Jamin Keamanan untuk Ciptakan Iklim Usaha Kondusif di Kudus

28 Juni 2024 - 19:55 WIB

Komunitas Pemuda Desa Kabupaten Bekasi Deklarasikan Dukungan untuk BN.Holik Qodratullah

27 Juni 2024 - 09:20 WIB

Kyai Syaepudin Asy Syadzily Bertemu Purnawirawan TNI, Bahas Masa Depan Lebak

16 Juni 2024 - 12:24 WIB

Empat Bakal Calon Bupati Lebak Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPP PKB

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi
Trending di POLITIK