Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PENDIDIKAN · 10 Jun 2023 15:48 WIB ·

Ilmu Filsafat: Masih Relevankah di Era Digital 4.0?


 Ilmu Filsafat: Masih Relevankah di Era Digital 4.0?, Rabu (07/06), di Universitas Paramadina, Jakarta. (Foto Dok.: Arief Tito) Perbesar

Ilmu Filsafat: Masih Relevankah di Era Digital 4.0?, Rabu (07/06), di Universitas Paramadina, Jakarta. (Foto Dok.: Arief Tito)

Padang Pariaman (Desa Merdeka) : Filsafat adalah ilmu yang harus dilatih terus menerus, karena melatih nalar memerlukan proses yang panjang. Belajar filsafat juga melatih kita mempelajari alam semesta agar manusia dapat berfikir.

Demikian sambutan dari Wakil Rektor Universitas Paramadina Dr. Fatchiah E. Kertamuda saat membuka diskusi knowledge sharing “Melatih Filsafat sebagai Ilmu Kritis di Perguruan Tinggi”  di Universitas Paramadina Jakarta, 07/06/2023.

Menurut Fatchiah, filsafat adalah aspek penting dalam kearifan. “Belajar filsafat merupakan seni berpikir kritis dan kebijaksanaan, oleh karenanya karena yang dikaji sesuatu yang tidak terlihat maka bisa saja akan muncul berbagai perspektif yang berbeda.”

Narasumber Dr. Budhy Munawar-Rachman memaparkan tentang urgensi filsafat di masa modern saat ini. “Filsafat adalah akar dari sains. Mencegah masyarakat mempercayai kebenaran-kebenaran yang tidak jelas di era post truth.  Filsafat juga melatih untuk berpikir kritis.”

Di era modern saat ini lanjut Budhy, filsafat sudah terpisah dengan cabang-cabang ilmu pengetahuan yang  sejatinya merupakan turunan dari keilmuan filsafat. “Oleh karenanya, ketika seseorang akan mempelajari filsafat, seringkali muncul pertanyaan-pertanyaan pragmatis tentang ilmu filsafat. Pertanyaan-pertanyaan mendasar yang selalu muncul tentang ilmu filsafat adalah pekerjaan apa yang nanti akan ditekuni, di tengah kompleksitas problem kemanusiaan saat ini,” tukas Budhy.

Di Indonesia saat ini, dikarenakan rendahnya minat pengkajian filsafat di Indonesia, perguruan tinggi yang menyediakan jurusan filsafat hanya ada 3 yaitu UGM, UI, dan STF Driyarkara, ditambah perguruan tinggi keagamaan yang juga menambahkan jurusan filsafat di fakultasnya.  Hal ini menandakan rendahnya minat pengkajian filsafat di Indonesia.

Budhy juga menyatakan bahwa sebagai disiplin ilmu , filsafat bisa memberikan kerangka orientasi atas pandangan dunia kita. Filsafat adalah hidup kita sendiri. Belajar dari begitu populernya buku filsafat “Dunia Sophie”, kajian filsafat bisa memberikan makna yang lebih dalam jika dimungkinkan untuk diselenggarakan di sekolah menengah.

Secara aplikatif praktik terbaik keilmuan filsafat adalah kearifan, filsafat penting untuk menjalani hidup dengan penuh kearifan. Filsafat mengajarkan asal usul kehidupan dan tujuan hidup.

Terakhir, Budhy menyampaikan bahwa Filsafat adalah penggunaan atas nalar. Semakin kritis kita menggunakan nalar, semakin bernilai secara filosofis.

“Manusia perlu menggunakan nalarnya hingga batas yang dimungkinkannya, agar ia bisa mendapatkan kejelasan tentang arti hidupnya. Filsafat berangkat dari usaha pencarian kearifan.”

Sumber : Arief Tito – Manajer Media dan Visual Universitas Paramadina.

Artikel ini telah dibaca 80 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

PNP Kembangkan Destinasi Wisata Berkearifan Lokal

18 Mei 2024 - 00:28 WIB

Kekhalifahan dan Reformasi Bumi Prof. Dr. Nurcholish Madjid

15 Mei 2024 - 23:12 WIB

Praktik Baik Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu bagi Literasi Anak di Kota Batam

1 Maret 2024 - 22:59 WIB

Praktik baik prmanfaatan buku bagi literasi anak

Perjuangan Seorang Ayah Untuk Menjadikan Sarjana Anaknya Dengan Keluar Masuk Tempat Sampah

1 Maret 2024 - 07:48 WIB

Gol A Gong, Duta Baca Indonesia Bertandang Diskusi Dan Beri Apresiasi Warung Baca Pasinaon Ungaran

21 Februari 2024 - 23:28 WIB

Mengintip TBM “Rumah Sastra” sebagai Ruang belajar bagi Calon Penulis Handal

29 Januari 2024 - 13:23 WIB

Trending di PENDIDIKAN