Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PENDIDIKAN · 3 Mei 2023 12:48 WIB ·

Spektakuler! Tari Kolosal “Gumregah” Meriahkan Hardiknas Purbalingga


 pertunjukan tari kolosal Perbesar

pertunjukan tari kolosal "Gumregah" Korwilcam Dindikbud Kertanegara yang melibatkan 600 siswa dan tenaga pendidik dari kecamatan Kertanegara.

Purbalingga (DESA MERDEKA) : Pertunjukan 600 siswa menarikan tarian “Gumregah” secara kolosal, semakin menambah spektakuler nya Alun-alun Purbalingga, saat memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2023. Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, merupakan penyelenggara acara tahunan tersebut.

“Pertunjukan tari dan musik ini bertujuan untuk mendorong semua orang agar dapat bergerak cepat dan efisien dalam menjalankan kurikulum Merdeka Belajar,” terang Tri Gunawan Setyadi, Kepala Dindikbud Kabupaten Purbalingga.

Pertunjukan tari kolosal Gumregah yang menghadirkan keindahan tari tradisional dan musik gamelan dari Korwilcam Dindikbud Kertanegara tersebut, sukses menarik perhatian Bupati, pejabat pemerintah, dan masyarakat umum dengan pertunjukan  .

“Kami mempersembahkan pertunjukan tari kolosal dengan 600 peserta, yang terdiri dari pendidik dan siswa, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional,” kata Tri Gunawan.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, SE BEcon MM, menyoroti bahwa acara ini adalah upaya pemerintah untuk melestarikan budaya lokal dan mendidik generasi muda untuk mencintai warisan budaya mereka sendiri.

“Kami harus melestarikan budaya lokal kita. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, dan kami harus membuat generasi muda menyadari identitas nasional mereka,” ujar Bupati Dyah.

Secara keseluruhan, acara ini berhasil memperlihatkan keindahan tari kolosal “Gumregah” Korwilcam Dindikbud Kertanegara di Alun-alun Purbalingga, sekaligus mempromosikan program Merdeka Belajar dan pelestarian budaya lokal. Prety, salah satu tenaga pengajar di Sekolah Dasar dari wilayah kecamatan Kertanegara, mengatakan bahwa program ini merupakan perwujudan dari P5, yaitu upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila seperti beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

PNP Kembangkan Destinasi Wisata Berkearifan Lokal

18 Mei 2024 - 00:28 WIB

Kekhalifahan dan Reformasi Bumi Prof. Dr. Nurcholish Madjid

15 Mei 2024 - 23:12 WIB

Praktik Baik Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu bagi Literasi Anak di Kota Batam

1 Maret 2024 - 22:59 WIB

Praktik baik prmanfaatan buku bagi literasi anak

Perjuangan Seorang Ayah Untuk Menjadikan Sarjana Anaknya Dengan Keluar Masuk Tempat Sampah

1 Maret 2024 - 07:48 WIB

Gol A Gong, Duta Baca Indonesia Bertandang Diskusi Dan Beri Apresiasi Warung Baca Pasinaon Ungaran

21 Februari 2024 - 23:28 WIB

Mengintip TBM “Rumah Sastra” sebagai Ruang belajar bagi Calon Penulis Handal

29 Januari 2024 - 13:23 WIB

Trending di PENDIDIKAN