Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

EKBIS · 9 Jun 2024 15:29 WIB ·

Petani di Sianok Anam Suku Sukses Kembangkan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo


 Pak Armansyah Tingkatkan Ekonomi Keluarga dengan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo, Jum'at (07/06) di Nagari Sianok Anam Suku Kabupaten Agam. (Foto Dok.: Ali Akbar) Perbesar

Pak Armansyah Tingkatkan Ekonomi Keluarga dengan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo, Jum'at (07/06) di Nagari Sianok Anam Suku Kabupaten Agam. (Foto Dok.: Ali Akbar)

Padang Pariaman (DESA MERDEKA) –  Berawal dari keinginan untuk meningkatkan perekonomian keluarga, Pak Arman, seorang warga Jorong Jambak Nagari Sianok Anam Suku Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, berhasil mengembangkan usaha budidaya lebah madu Galo-galo.

Usaha Pak Arman ini dimulai pada pertengahan tahun 2021 dengan hanya 2 kotak rumah lebah madu Galo-galo. Kegigihannya dalam belajar dan merawat lebah membuahkan hasil. Dalam waktu 3 bulan, ia sudah bisa memanen madu lebah Galo-galo dengan hasil 1 liter per kotak setiap bulan.

Seiring perkembangan usahanya, Pak Arman pun mengajak 9 orang warga sekitar untuk bergabung dalam usaha budidaya lebah madu Galo-galo ini. Hingga saat ini, usaha mereka telah berkembang dengan 15 koloni lebah madu Galo-galo.

Madu Galo-galo yang dihasilkan Pak Arman dan kelompoknya ini dijual dengan harga Rp.400 ribu – Rp.500 ribu per liter. Jenis lebah yang mereka gunakan adalah Torasika, yang cocok untuk daerah dingin.

Usaha Pak Arman ini tidak hanya meningkatkan pendapatan keluarga, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Selain itu, budidaya lebah madu Galo-galo juga ramah lingkungan dan tidak menyengat manusia. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk belajar dari Pak Arman dan menerapkannya di daerah mereka masing-masing.

 

Dukungan dari PT. Pegadaian dan IDe Dewi

Pada bulan April 2024, PT. Pegadaian Bandung memberikan bantuan bibit Bunga Matahari sebanyak 2.500 batang kepada Pak Arman. Bunga Matahari ini merupakan sumber polen yang penting untuk lebah madu Galo-galo.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perkembangan koloni lebah dan meningkatkan produksi madu.

Selain itu, IDe Dewi, Founder Kebun IDeOrganik dan pengelola Desa Wisata GURANJHIL di Kabupaten Padang Pariaman, juga memberikan bantuan biji Bunga Matahari jenis kuaci dan minyak sebanyak 45 buah kepada Pak Arman.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu Pak Arman dalam mempelajari cara budidaya Bunga Matahari dengan baik.

Kisah Sukses Pak Arman menjadi inspirasi bagi banyak orang

Kisah sukses Pak Arman dalam mengembangkan usaha budidaya lebah madu Galo-galo ini menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Kegigihan dan keuletannya dalam belajar dan bekerja menunjukkan bahwa dengan tekad yang kuat, kita dapat meraih kesuksesan dalam bidang apapun.

Usaha Pak Arman ini juga menunjukkan bahwa budidaya lebah madu Galo-galo dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan ramah lingkungan.

Video terkait berita di atas : https://www.youtube.com/shorts/3mgOn-BMgvk

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 129 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

58 Keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Tiba di Sumbar, Siap Berinvestasi

5 Juli 2024 - 16:36 WIB

Gubernur Sumbar Sambut Baik Pembangunan Pabrik Pengolahan CPO dan Minyak Goreng di Padang

4 Juli 2024 - 18:04 WIB

GDP Oriented dan Pemerataan Kemakmuran

2 Juli 2024 - 12:34 WIB

Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

1 Juli 2024 - 20:45 WIB

BPKP Sumbar dan Perumda Air Minum Kota Padang Tandatangani Nota Kesepahaman Implementasi GRC

24 Juni 2024 - 19:02 WIB

Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

28 Maret 2024 - 20:43 WIB

Trending di EKBIS