Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

RAGAM · 13 Mei 2023 15:54 WIB ·

Warga Desa Sitiarjo Tuntut Perbaikan Jalan Rusak, Pemdes Berjanji Bangun Jalan


 Warga Desa Sitiarjo Tuntut Perbaikan Jalan Rusak, Pemdes Berjanji Bangun Jalan Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Warga Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pada hari Kamis (12/5/2023) mendatangi kantor desa untuk menuntut perbaikan jalan akses utama ke Dusun Rowoteratai yang kondisinya rusak parah. Aksi ini merupakan buntut dari aksi damai sebelumnya pada tanggal 11 Mei 2023.

Menurut tokoh pemuda desa Sitiarjo, Doni Ikmawan, Siswadi, dan Totok Hardianto, aksi ini dilakukan karena beberapa tokoh yang sebelumnya mengikuti aksi menuntut jalan rusak diundang ke kantor desa untuk koordinasi terkait spanduk tuntutan. Mendengar kabar tersebut, warga lain secara spontan ikut bergerak ke kantor desa untuk memberikan dukungan.

Setibanya di kantor desa, warga bertemu dengan jajaran pemerintah desa, muspika, polsek, dan koramil. Dalam pertemuan tersebut, warga mempertanyakan status jalan menuju Dusun Rowoteratai. Sebelumnya, Pemdes Sitiarjo menyatakan bahwa jalan tersebut adalah jalan sirip kabupaten dan tanggung jawab perbaikannya berada di tangan Pemkab Malang. Namun, penjelasan dari Muspika Kecamatan Sumbermanjing Wetan membantah hal tersebut dan menyatakan bahwa jalan tersebut berstatus jalan desa dan harus dibangun oleh Pemdes Sitiarjo.Berdasarkan hasil pertemuan, warga menuntut agar Pemdes Sitiarjo membangun jalan tersebut. Pemdes pun menyetujui dan berjanji untuk membangun akses jalan tersebut. Namun, karena warga masih ragu dengan janji tersebut, para tokoh masyarakat meminta surat perjanjian bermaterai kepada Pemdes, disaksikan oleh muspika, polsek, dan koramil.

Peristiwa ini menjadi pengingat pentingnya transparansi dan edukasi dalam segala hal, terutama yang berkaitan dengan program dan dana yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada seluruh desa di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko terhadap kinerja pemerintahan, khususnya di tingkat desa.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Maninjau Bangun Masjid Ar-Rahim dan Asrama Putri untuk Generasi Qur’ani

10 Juli 2024 - 13:45 WIB

WIES 2025: Peluang Besar bagi Industri Halal Sumatera Barat Mendunia!

10 Juli 2024 - 13:12 WIB

Perbaikan Jalan Nasional Lembah Anai Dikebut, Ditargetkan Selesai Juli 2024

10 Juli 2024 - 11:39 WIB

Semarak Kemerdekaan di Ranah Minang: 40 Kegiatan Siap Digelar Pemprov Sumbar

9 Juli 2024 - 11:04 WIB

Dorong BUMDesa Ekspor Anggrek, Gus Halim Temui Menteri LHK Siti Nurbaya

8 Juli 2024 - 18:44 WIB

Festival Banjoemas Kota Lama Ditutup dengan Ruwat Sukerta

8 Juli 2024 - 01:35 WIB

Trending di RAGAM