Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 16 Jun 2023 07:37 WIB ·

Untuk Mewujudkan Inventarisasi Aset dan Penatausahaan Keuangan Desa,Bupati Basel Buka BIMTEK


 Untuk Mewujudkan Inventarisasi Aset dan Penatausahaan Keuangan Desa,Bupati Basel Buka BIMTEK Perbesar

Toboali,Bangka Selatan,(DESAMERDEKA) – Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP membuka secara langsung Bimbingan Teknis Inventarisasi Aset Desa Serta Implementasi Siskuedes Online Dalam Rangka Penatausahaan Keuangan Desa Yang Akuntabel Pada Pemerintah Desa se-Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (13/6/23).

Bimtek dalam rangka untuk mewujudkan Inventarisasi Aset, Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa yang Akuntabel di Kabupaten Bangka Selatan ini akan berlangsung selama lima hari dari Senin 12 Juni 2023 s/d 13 Juni 2023 di Luminor Hotel Kota Jakarta.

Turut hadir kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan yang baru Ibu Riama BR. Sihite, S.H., Inspektur Daerah Kabupaten Bangka Selatan P.D.Marpaung, S.Pi., M.Si, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Selatan Reza Pahlevi S.IP, Ketua APDESI Kabupaten Bangka Selatan Muklis Insan S.ST, Para Narasumber, Kepala Desa se-Kabupaten Bangka Selatan dan tamu undangan.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP mengatakan bahwa pengelolaan aset desa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa serta meningkatkan pendapatan desa.

“Berbicara tentang aset desa, aset desa merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, yang perlu dikelola secara tertib untuk mencapai pengelolaan aset desa yang berdayaguna dan berhasil guna. Pengelolaan aset desa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa serta meningkatkan pendapatan desa,” ujarnya.

Lebih jauh, Bupati Riza Herdavid menjelaskan tentang Aplikasi SIPADES. “Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) merupakan Aplikasi Pencatatan Administrasi Aset Desa sesuai dengan amanat dari Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa mulai dari perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedoman umum kodefikasi aset desa,” imbuhnya.

Kemudian, Bupati Riza Herdavid menyampaikan bahwa untuk mewujudkan penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan desa yang akuntabel, sangat dibutuhkan pengelolaan keuangan desa berbasis Sistem Keuangan Desa (SISKUEDES) Online.

“Sementara itu, dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa penggunaan Aplikasi SISKUEDES sangat mempermudah aparatur pemerintah desa dalam melakukan proses pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan yang akuntabel,” ungpkanya.

Menutup sambutannya, Bupati Riza Herdavid menghimbau kepada peserta supaya mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh agar materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat dicerna dan diserap dengan baik sehingga harapan setelah pelaksanaan bimtek ini para peserta dapat melaksanakan dan mengaplikasikannya di lapangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (diskominfo basel/henn)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Seminar Program KKNT Desa Wisata Unhas, Dispar Berharap Bersinergi Dengan Baik

4 Januari 2024 - 22:53 WIB

Trending di DESA