Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 30 Mei 2023 15:04 WIB ·

Anggarkan 17 Juta Per Orang, Tiga CV Berangkatkan Bimtek Kades Sekabupaten Lahat


 Anggarkan 17 Juta Per Orang, Tiga CV Berangkatkan Bimtek Kades Sekabupaten Lahat Perbesar

Lahat (DESA MERDEKA) – Keberangkatan para kades se-Kabupaten Lahat dari berbagai kecamatan untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang disebutkan ke Lombok, menuai protes, salah satunya dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Lahat.

Melalui rilisnya, Selasa (30/5), SMSI menyebut bahwa kegiatan yang mengatas namakan Bimtek tersebut dirasa janggal, mengingat anggaran yang dikeluarkan cukup besar, yakni sejumlah 17 juta per kades untuk 10 hari perjalan ke Lombok dan Bali.

Selain itu, acara bimtek yang hampir rutin dilakukan tiap tahun oleh Kades Kades di Lahat ini dirasa percuma, karena tidak setiap pulang dari kegiatan tersebut, tidak ada hasil yang bisa di implementasikan ke desa. SMSI dalam siaran pers nya menuding, bahwa ajang Bimtek tersebut hanyalah topeng bagi para kades di Lahat untuk jalan jalan, dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD).

Tudingan SMSI tersebut dibantah Dahlia, EO Parira yang bertanggung jawab memberangkatkan kades dari 9 kecamatan di Kabupaten Lahat pada tanggal 8 Juni nanti.

“Anggaran 17 itu sudah seluruhnya, dari seragam, hotel dan studytour di Bali. Wajar. Selain itu, kami pun mendatangkan narasumber dari Kapolres, Kajari dan PWI Lahat,” ujar Dahlia melalui sambungan seluler.

Untuk anggaran yang dirasa mahal, dirinya menuturkan hal tersebut wajar, mengingat transportasi para Kades disitu semua, tidak ada apa apanya.

“Kami memang merangkul 9 kecamatan di Lahat untuk Bimtek ke Lombok ini, tapi tidak full, karena ada Kades yang tidak mengganggarkan,” tandas Dahlia.

Informasi yang tersebar melalui awak media menyebutkan bahwa terdapat tiga operator perjalanan yang memberangkatkan Bimtek Kades ke Lombok, yaitu, CV Parira, Peraja dan LCC.

“Untuk dua CV Peraja dan LCC sudah berangkat pada hari sabtu, (27/05/23) malam minggu menuju Bandara Sultan Mahumud Badarudin II Palembang terbang pada hari minggu pagi,” ucap salah satu kades yang di berangkatkan CV Peraja yang enggan disebut kan namanya.

Sementara Itu, EO Peraja Dedi saat di konfimasi membenarkan bahwa pihak nya sudah memberangkatkan beberapa kades untuk ke lombok dalam rangka Bimtek

“Ya benar, ada 3 CV yang sudah melakukan kerjama bimtek dengan beberapa kades di 24 kecamatan se-Lahat,” ucap Dedi.

Artikel ini telah dibaca 127 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Trending di DESA