Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 9 Agu 2023 18:21 WIB ·

Tes Seleksi Perangkat Desa, Tuban Gabungkan Manual Dengan Digital


 Tes Seleksi Perangkat Desa, Tuban Gabungkan Manual Dengan Digital Perbesar

Tuban (DESA MERDEKA) – Lembaran kertas hasil ujian atau tes seleksi perangkat desa (Perades) yang dikerjakan secara manual oleh 3.675 peserta untuk memperebutkan 234 posisi di 194 desa, langsung dikoreksi menggunakan scan komputer, disaksikan langsung oleh saksi peserta, tim pengawas dan panitia desa.

“Setelah dilakukan koreksi, hasil nilai peserta langsung diumumkan dan ditempel di papan pengumuman yang telah disediakan di luar ruang ujian,” ujar Sugeng Purnomo, Kepala Dinas Sosial P3A PMD Kabupaten Tuban, usai memantau ujian yang diselenggarakan secara serentak di berbagai titik lokasi di 19 kecamatan di Bumi Wali Tuban, Rabu (09/08).

Sebagai upaya preventif guna menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, Sugeng menyebutkan bahwa panitia juga merekam seluruh proses penilaian menggunakan perangkat video, sebagai bukti.

“Sehingga jika ada peserta yang komplain bisa mencermatinya secara langsung,’’ terang Sugeng.

Sugeng menambahkan, dalam ujian tersebut ada beberapa tipe soal, yaitu tulis dan komputer. Masing-masing tipe memiliki bobot skor/nilai yang berbeda. Untuk tes tulis sebanyak 125 soal, masing-masing bobotnya 0,6 poin, sementara 10 soal komputer masing-masing 2,5 poin.

“Jadi, kalau ditotal ada 100 poin,’’ ujarnya.

Setelah hasil penilaian selesai, lanjut Sugeng, dua peserta dengan nilai tertinggi di masing-masing lowongan, otomatis akan langsung dikonsultasikan ke Camat untuk mendapatkan rekomendasi.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dipulangkan, Tim Karate Malut Urung Berlaga di Kejurnas Karate Antar PPLP PPLPD dan SKO 2024 di Manado

14 Mei 2024 - 18:50 WIB

Pedagang Pasar Gamalama Kecewa Kebijakan Pemkot Ternate Beri ijin Pedagang Musiman Pasang Tenda-Tenda di Area Terminal

30 Maret 2024 - 21:32 WIB

KONGRES DESA BERSATU MENUJU INDONESIA MAJU

27 Maret 2024 - 23:24 WIB

Gus Halim: Prosedur Pengelolaan Dana Desa Perlu Aturan Lebih Baku

27 Maret 2024 - 15:22 WIB

Simetromas Mudahkan Layanan Tera Ulang, Alat UTTP di Kabupaten Banyumas

26 Maret 2024 - 21:59 WIB

Kongres Desa Bersatu

23 Maret 2024 - 07:33 WIB

Anggota kongres Indonesia bersatu seluruh Indonesia
Trending di RAGAM