Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

JALAN JAJAN · 27 Jun 2024 09:55 WIB ·

Sumbar Perkuat Sinergi dan Partisipasi Masyarakat untuk Kembangkan Wisata Halal


					Sumbar Perkuat Sinergi dan Partisipasi Masyarakat untuk Kembangkan Wisata Halal Perbesar

Padang (DESA MERDEKA) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) kembali menunjukkan komitmennya yang kuat dalam mempercepat pengembangan pariwisata halal di wilayahnya. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya rapat koordinasi percepatan implementasi pengembangan pariwisata halal pada Rabu (26/6/2024) di Auditorium Gubernuran.

Rapat yang dihadiri oleh perwakilan badan dan dinas di lingkungan Pemprov Sumbar dan Kabupaten/Kota Se-Sumbar ini, bertujuan untuk memperkuat sinergitas antarlembaga dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata halal.

“Secara regulasi kita telah memiliki Perda, itu sudah ada sejak Tahun 2020. Saat ini, yang perlu kita perkuat adalah implementasinya itulah tujuan dari acara ini,” kata Gubernur Sumbar, diwakili Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi.

Arry menuturkan, Sumatera Barat telah berhasil terpilih sebagai salah satu dari sembilan destinasi wisata ramah muslim atau wisata halal di Indonesia pada tahun 2019 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lebih lanjut, Arry menegaskan bahwa pariwisata halal bukan berarti mengasingkan wisatawan yang berkunjung ke Sumbar, antara muslim dan nonmuslim. Namun, lebih kepada memberikan kepastian dan kenyamanan bagi setiap wisatawan muslim untuk menjalankan aktivitasnya dalam kaidah Islam.

“Bukan dipisahkan, tapi difasilitasi aktivitasnya agar sesuai kaidah Islam,” tegasnya.

Ia berharap, dengan terfasilitasinya hal tersebut jumlah kunjungan wisatawan muslim ke Sumbar menjadi semakin meningkat. Termasuk, aspek kebersihan, kesehatan, dan keselamatan dalam berbagai layanan juga menjadi semakin baik.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setdaprov Sumbar Al Amin mengatakan, rapat tersebut bertujuan mendorong penyelenggaraan wisata halal yang dapat menggerakan perekonomian masyarakat. Sehingga, memberikan multiplier effect untuk kesejahteraan masyarakat.

“Semoga setelah ini, sinergitas dan integrasi antar lembaga terkait bisa semakin menguat. Partisipasi masyarakat pun semakin meningkat,” harapnya.

Pengembangan pariwisata halal di Sumatera Barat diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

KA Baturraden Ekspress: 3 Tahun Antarkan Masyarakat dengan Sejuta Kenangan

26 Juni 2024 - 21:39 WIB

Gus Halim Dukung Pemanfaatan Potensi Desa untuk Desa Wisata

28 Agustus 2023 - 05:49 WIB

Ragam Atraksi Budaya di Festival Desa Wisata Cikolelet 2023, Catat Tanggalnya!

8 Agustus 2023 - 20:20 WIB

Pasangan Suami Istri Asal Purbalingga Bersepeda ke Makkah untuk Menunaikan Ibadah Haji

13 Juli 2023 - 15:00 WIB

Mengintip Pesona Wisata Wayang Kulit Ala Desa Sidowarno

28 Mei 2023 - 19:48 WIB

Diback Up ITB, 4 Desa di Magetan Berbenah Jelang Kejuaraan Paralayang se-ASEAN

28 Mei 2023 - 13:44 WIB

Trending di JALAN JAJAN