Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

RAGAM · 11 Mei 2023 18:21 WIB ·

Spanduk Tuntutan Warga Desa Sitiarjo Cerminkan Kekecewaan Terhadap Pemdes dan Pemkab Malang


 Spanduk Tuntutan Warga Desa Sitiarjo Cerminkan Kekecewaan Terhadap Pemdes dan Pemkab Malang Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Warga Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, menggelar aksi damai dengan memasang spanduk bertuliskan beberapa tuntutan kepada pemerintah desa dan pemerintah kabupaten. Aksi ini merupakan bentuk keresahan dan kekecewaan masyarakat terhadap kondisi infrastruktur desa yang memprihatinkan, khususnya akses jalan di Dusun Rowo Teratai.

“Aksi ini murni tuntutan warga kepada pemerintah Desa maupun Kabupaten terkait akses jalan yang rusak didesa Sitiarjo, terutama di dusun Rowo teratai,” terang Kristiawan, Ketua RT Dusun Rowo Teratai, Kamis (11/5/2023).

Menurut Kristiawan, jalan desa tersebut merupakan satu-satunya akses masyarakat untuk menuju berbagai fasilitas umum di Desa Sitiarjo, seperti sekolah, kantor desa, puskesmas, dan pasar. Kondisi jalan yang rusak parah, berlubang, dan terdapat genangan air, membuat warga kesulitan dan membahayakan keselamatan mereka saat melintas.

“Sebenarnya pihak-pihak yang berwenang sering lewat di jalan itu tapi terkesan tidak merespon,” keluh Kristiawan.

Warga berharap agar pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut agar aktivitas mereka tidak terhambat dan keselamatan terjamin. Selain akses jalan, warga Desa Sitiarjo juga masih memiliki keluhan lain yang belum terselesaikan, seperti kualitas irigasi yang buruk dan minimnya sarana pendukung kegiatan pertanian.

“Masyarakat Desa Sitiarjo, terutama di Dusun Rowo Teratai, mayoritas berprofesi sebagai petani,” jelas Kristiawan. “Oleh karena itu, mereka membutuhkan irigasi yang baik dan sarana pendukung lainnya untuk meningkatkan hasil panen mereka.”

Warga berharap agar pemerintah desa dan pemerintah kabupaten dapat memperhatikan aspirasi mereka dan segera mengambil langkah-langkah konkrit untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

Kondisi Jalan yang Memprihatinkan

Berdasarkan pantauan langsung jurnalis Desamerdeka di lapangan, kondisi jalan akses masuk ke Dusun Rowo Teratai memang sangat memprihatinkan. Jalanan berlubang dan di sepanjang jalan terdapat genangan air yang dapat membahayakan pelintas jalan. Hal ini dikarenakan minimnya perawatan dan perbaikan jalan oleh pemerintah.

Tuntutan Warga

Warga Desa Sitiarjo melalui aksi damai ini menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah desa dan pemerintah kabupaten, antara lain:

  • Perbaikan jalan akses masuk ke Dusun Rowo Teratai
  • Peningkatan kualitas irigasi
  • Penyediaan sarana pendukung kegiatan pertanian
  • Perhatian dan solusi terhadap berbagai permasalahan lain di desa

Warga berharap agar tuntutan mereka dapat didengar dan ditindaklanjuti oleh pemerintah dengan segera.

Dampak Aksi Damai

Aksi damai yang dilakukan oleh warga Desa Sitiarjo telah menarik perhatian pemerintah desa dan pemerintah kabupaten. Pihak-pihak terkait telah menyatakan kesediaan untuk berdialog dengan warga dan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Masyarakat Desa Sitiarjo berharap agar dialog yang akan dilakukan dapat menghasilkan solusi yang konkrit dan memuaskan semua pihak.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 142 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Maninjau Bangun Masjid Ar-Rahim dan Asrama Putri untuk Generasi Qur’ani

10 Juli 2024 - 13:45 WIB

WIES 2025: Peluang Besar bagi Industri Halal Sumatera Barat Mendunia!

10 Juli 2024 - 13:12 WIB

Perbaikan Jalan Nasional Lembah Anai Dikebut, Ditargetkan Selesai Juli 2024

10 Juli 2024 - 11:39 WIB

Semarak Kemerdekaan di Ranah Minang: 40 Kegiatan Siap Digelar Pemprov Sumbar

9 Juli 2024 - 11:04 WIB

Dorong BUMDesa Ekspor Anggrek, Gus Halim Temui Menteri LHK Siti Nurbaya

8 Juli 2024 - 18:44 WIB

Festival Banjoemas Kota Lama Ditutup dengan Ruwat Sukerta

8 Juli 2024 - 01:35 WIB

Trending di RAGAM