Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

RAGAM · 1 Jul 2024 18:55 WIB ·

Sobokartti: Kawah Candradimuka Pelestarian Budaya Jawa


 Sobokartti: Kawah Candradimuka Pelestarian Budaya Jawa Perbesar

Semarang (DESA MERDEKA) – Perkumpulan Sobokartti Semarang telah lama dikenal sebagai salah satu sanggar tari ternama di Jawa Tengah. Didirikan sejak tahun 1920, Sobokartti konsisten dalam melestarikan budaya Jawa dan mengembangkan bakat para penari muda.

Uji Kompetensi Siswa Tari 2024 yang baru saja digelar merupakan salah satu bukti komitmen Sobokartti dalam mencapai tujuan tersebut. Acara ini diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai tingkatan kelas dengan menampilkan 12 tarian tradisional Jawa.

Ketua Pelaksana Uji Kompetensi Tari 2024, Dharmadi, mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk melihat perkembangan kemampuan para siswa dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap seni tari Jawa.

Penampil Terbaik Uji Kompetensi 2024

Dari Kelas A-1 dengan 50 peserta membawakan 2 tarian yaitu tari KOKO dan Tari KALONGKING, Terpilih sebagai penampil terbaik-1 Javiera Aurelia Belva, penampil terbaik-2 Hasna Putri Arsyfa, penampil terbaik 3 Sasikirana Kusumaning A. Penampil Harapan -1 Clarisa Talita W.P Harapan-2 Sabella Hayu.K Harapan -3 Larisha Nur Hapsari.

Untuk Kelas A-2 diikuti oleh 29 peserta yang menampilkan Tari Manipuri,Tari Kepyar dan Tari Soyong, Terpilih sebagai penampil terbaik-1 adalah Ilmaniar Zasky,penampil terbaik-2 Ratu Mumtazah,penampil terbaik-3 Jasmine Asyla ,sedangkan penampil Harapan 1 Regina Viona Bratajaya. Penampil Harapan -2 Ayu Amalia dan penampil Harapan -3 Kirana Zahwa.

Untuk Kelas selanjutnya yaitu Kelas B diikuti oleh 23 Siswa dengan menampilkan 2 Tarian ,yaitu tari Warak dan Tari Ongklek Manis. Terpilih sebagai penampil terbaik -1 dengan nama Shaviera Salsabila Az-Zahra,penampil terbaik-2 Shafaa Salsabila Nur Faizah penampil terbaik -3 diberikan kepada Alzha Safiqha Rinasti. Penampil Harapan -1 dikelas B diberikan kepada Elisabeth Harben Santosa ,Penampil Harapan -2 Keisya Pradista Anindita A.,penampil Harapan -3 diberikan kepada Agnes Wulan Siamturaini.

Dalam Uji Kompetensi Siswa Tari Sobokartti 2024 ini, dari Kelas Remaja diikuti oleh 50 Siswa dengan membawakan 8 Tarian Kreasi Tradisi ditetapkan sebagai penampil terbaik-1 adalah Anisa Putri Dwi ,C penampil terbaik -2 adalah Abbel Zalfa Insani dan penampil terbaik-3 adalah Anifa Zahra..sedangkan untuk para penampil Harapan-1 Shafa Keisha Andini,Penampil Harapan-2 diberikan kepada Chiquilla Az’kiy Wahyono dan penampil Harapan-3 adalah Ashiffa Maharani,untuk ananda Ashiffa Maharani selanjutnya melanjutkan ke SMKI Surakarta.

Sedangkan untuk Kelas Dewasa ditahun 2024 ini dilakukan uji kompetensi terhadap 7 siswa dengan menampilkan Tari Gambyong Pangkur dan Tari Endah, terpilih sebagai penampil terbaik -1 adalah Gusti Putri Sitaresmi, penampil terbaik-2 adalah Sari Khusnul Khuluq, dan penampil terbaik-3 adalah Naila Azalia Chomsiatun N.P. Juga diberikan penghargaan kepada para penampil Harapan.

Untuk penampil Harapan -1 diberikan kepada Ilalang Ratu Ayu R.F, penampil Harapan-2 diberikan kepada Dea Sukmawati dan penampil Harapan -3 diberikan kepada Zahrotus Amalia.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Maninjau Bangun Masjid Ar-Rahim dan Asrama Putri untuk Generasi Qur’ani

10 Juli 2024 - 13:45 WIB

WIES 2025: Peluang Besar bagi Industri Halal Sumatera Barat Mendunia!

10 Juli 2024 - 13:12 WIB

Perbaikan Jalan Nasional Lembah Anai Dikebut, Ditargetkan Selesai Juli 2024

10 Juli 2024 - 11:39 WIB

Semarak Kemerdekaan di Ranah Minang: 40 Kegiatan Siap Digelar Pemprov Sumbar

9 Juli 2024 - 11:04 WIB

Dorong BUMDesa Ekspor Anggrek, Gus Halim Temui Menteri LHK Siti Nurbaya

8 Juli 2024 - 18:44 WIB

Festival Banjoemas Kota Lama Ditutup dengan Ruwat Sukerta

8 Juli 2024 - 01:35 WIB

Trending di RAGAM