Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

SOSBUD · 26 Apr 2023 14:27 WIB ·

Sedekah Bumi Dusun Ngasin, Hormati Leluhur Desa


 Sedekah Bumi Dusun Ngasin, Hormati Leluhur Desa Perbesar

Gresik ( DESA MERDEKA ) – Sedekah bumi atau ruwat desa, dilaksanakan dusun Ngasin, desa Ngasin, kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, sebagai bentuk penghormatan kepara para leluhur desa.

“Kegiatan ini rutin setiap tahun diselenggarakan, biasanya habis panen pertama. Namun kali ini agak terlambat karena habis panen bulan puasa,” tutur Sarpan, kepala dusun Ngasin, senin (26/4/2023).

Menurut Sarpan, tujuan penyelenggaraan sedekah bumi tersebut, adalah untuk membentuk kepribadian masyarakat untuk bersedekah, selain untuk mengajak masyarakat untuk menghormati jasa para leluhur yang mendahului kita. Serta doa bersama kepada leluhur.

“Dengan sedekah bumi, saya berharap agar rejeki masyarakat semakin melimpah. Hama tikus supaya tidak mengganggu para petani. Panen kedua diharap dapat melimpah,” ucap Sarpan.

Mengingat arti penting kegiatan sedekah bumi tersebut, Kadus Sarpan menyampaikan harapan kepada masyarakat dusun Ngasin, untuk tetap melaksanakan acara sedekah bumi ini secara rutin setiap tahun.

“Saya berharap semakin tahun semakin meningkat, dan terima kasih kepada masyarakat atas bantuan yang berupa pikiran dan materiil. Semoga amal saudara diterima oleh Allah SWT sebagai amal baik,” harap Sarpan.

Ucapan terima kasih atas penyelenggaraan sedekah bumi, juga disampaikan Kades Ngasin Syamsul Anwar kepada masyarakat, yang melaksanakan kegiatan dengan penuh antusias, terutama dari unsur pemuda karang taruna desa Ngasin.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Ngasin, AKP Zainudin, juga turut menyampaikan permintaan kepada masyarakat dusun Ngasin, untuk dapat selalu menjaga Harkamtibmas di wilayah Balongpanggang.

“Mari kita saling mengingatkan satu sama lain untuk menciptakan Harkamtibmas tetap lancar di wilayah Balongpanggang,” ajak AKP Zainudin.

Acara yang penuh khidmat tersebut, dihadiri oleh Kepala Desa Syamsul Anwar, Kapolsek Balongpanggang AKP Zainudin sera masyarakat dusun Ngasin. Seluruh rangkaian acara sedekah bumi, ditutup dengan Istigosah.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Akibat Perubahan Iklim, Tantangan Petani Dalam Berbudidaya Rumput Laut

15 Mei 2024 - 19:20 WIB

Aktifitas Cabor Karate Vakum Karena Kinerja Buruk Pengprov FORKI Malut, M. Said Hanafi Didesak Mundur dari Jabatan Ketua

29 Maret 2024 - 14:45 WIB

Dusun Biringere Desa Pattaneteang, Menjadi pilot Proyek Kampung Zakat, 33 Orang Mustahiq Mendapatkan Sentuhan Baznas

25 Januari 2024 - 19:58 WIB

Kapolres Banyuasin Pimpin Langsung Binrohtal Personel Polres

11 Januari 2024 - 13:34 WIB

7.000 Warga Purbalingga Lakukan Longmarch Dan Galang Dana Sebagai Wujud Solidaritas Untuk Palestina Untuk Palestina

3 November 2023 - 22:00 WIB

Karang Taruna Naragere Adobala Gelar Aneka Kegiatan Mengisi Bulan Bahasa dan Songsong Hari Sumpah Pemuda 2023

23 Oktober 2023 - 21:31 WIB

Trending di SOSBUD