Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

PEMILU · 13 Feb 2023 11:18 WIB ·

Sebanyak 55 Pantarlih Dilantik untuk Pemilu 2024 di Desa Pisangan Jaya


 Sebanyak 55 Pantarlih Dilantik untuk Pemilu 2024 di Desa Pisangan Jaya Perbesar

Tangerang (DESA MERDEKA) – Sebanyak 55 petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu 2024 di Desa Pisangan Jaya resmi dilantik pada hari Minggu (12/02/2023) di Aula Desa Pisangan Jaya. Pantarlih ini akan bertugas mendampingi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

“Setelah melalui proses seleksi dan wawancara, sebanyak 55 calon Pantarlih dinyatakan lulus dan siap untuk bertugas,” ujar Dedy Witarso, Ketua PPS Desa Pisangan Jaya Kecamatan Sepatan.

Pengumuman hasil seleksi Pantarlih Desa Pisangan Jaya tertuang dalam Surat Pengumuman PPS Nomor: 006/PP.05-PU/603/16.2011/2023. Pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas Pantarlih dilakukan pada hari yang sama.

Dedy Witarso berharap Pantarlih yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan penuh integritas dan komitmen. “Jangan sampai ada intervensi dari pihak luar,” tegasnya. “Pesta demokrasi Pemilu 2024 harus berjalan lancar dan sukses.”

Bianka, salah satu Pantarlih yang lulus seleksi, menjelaskan bahwa tugas utama Pantarlih adalah melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. “Coklit ini dilakukan untuk memastikan data pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT) akurat dan mutakhir,” jelasnya.

Selain itu, Pantarlih juga bertugas membantu PPS dalam menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran, menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan Coklit kepada PPS, dan bertanggung jawab kepada PPS atas pelaksanaan tugasnya.

Kepala Desa Pisangan Jaya, Muhamad Hotib, menekankan peran penting Pantarlih dalam Pemilu 2024. “Pantarlih adalah ujung tombak dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih,” ujarnya.

“Saya berharap teman-teman Pantarlih dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya,” harap Muhamad Hotib. “Suksesnya Pemilu 2024 bergantung pada kinerja Pantarlih.”

Dalam melaksanakan tugasnya, Pantarlih diwajibkan untuk mengenakan atribut dan kelengkapan Pantarlih, seperti rompi, topi, dan name tag. Hal ini untuk mempermudah identifikasi Pantarlih saat melakukan Coklit.

Dengan dilantiknya 55 Pantarlih di Desa Pisangan Jaya, diharapkan proses pemutakhiran data pemilih dan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Terbitkan Edaran, Gubernur Sumbar Imbau Masyarakat Gunakan Hak Suara pada PSU DPD RI

10 Juli 2024 - 18:04 WIB

Bawaslu Gorontalo Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Libatkan Berbagai Elemen Masyarakat

26 Juni 2024 - 17:18 WIB

Seorang Pejuang Demokrasi Ditingkat Bawah Gugur Setelah Selesai Bertugas

17 Februari 2024 - 21:22 WIB

Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu Kecamatan Karangjambu Berjalan Aman dan Lancar

7 Februari 2024 - 22:34 WIB

Yakin Menang! TKN Fanta Prabowo-Gibran Gelar  Kopdar Pemilih pemula dari Kalangan Milenial di Banyumas.

6 Februari 2024 - 20:25 WIB

KNPI Bone Bolango Sesalkan Edaran Menyesatkan Via WhatsApp Menimbulkan Kegaduhan.

25 Januari 2024 - 14:56 WIB

Trending di PEMILU