Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 28 Mei 2023 23:13 WIB ·

Saluran Irigasi Rusak, Ancam 144 Hektar Sawah di Sitiarjo


 Saluran Irigasi Rusak, Ancam 144 Hektar Sawah di Sitiarjo Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Sekitar 144  hektar area persawahan Desa Sitiarjo terancam kekurangan pasokan air, akibat saluran irigasi yang masih tidak kunjung diperbaiki pasca banjir bandang 2022 lalu.

“Semenjak pengairan irigasi tidak normal, banyak area persawahan yang tidak maksimal, banyak petani sawah yang tidak bisa menanam padi,” keluh Adi Sucipto, Ketua Gapoktan Desa Sitiarjo, saat mendampingi H Mahrus Ali, Anggota DPRD Komisi III, yang meninjau saluran irigasi di Sitiarjo, minggu (28/05/2023).

Anggota DPRD Komisi III H Mahrus Ali (kiri) ketua Gapoktan, Adi Sucipto (kanan)

Area persawahan seluas 144 hektar tersebut, hanya meliputi dusun Krajan kulon kampung Gunung tumo, dan belum termasuk lahan persawahan yang berada di dusun dusun lain, seperti dusun Krajan wetan dan sekitarnya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada anggota DPRD komisi III H Mahrus Ali yang telah berkenan hadir dan memberikan solusi kepada petani sawah di desa Sitiarjo,” ucap Adi Sucipto.

Kondisi pengairan yang kurang baik tersebut membuat H Mahrus Ali, anggota DPRD Kabupaten Malang dari komisi III, untuk hadir langsung ke areal persawahan Desa Sitiarjo, yang terdampak irigasi yang masih belum dibenahi tersebut.

“Program normalisasi pengairan yang akan direalisasikan nanti bisa memberi manfaat penuh pada para petani kususnya petani sawah,” kata H Mahrus Ali.

H Mahrus Ali juga meminta kepada masyarakat terutama kepada Gapoktan, untuk merawat dan menjaga supaya aliran irigasi nantinya bisa awet dan bertahan lama.  Masyarakat dan tokoh pemuda juga hadir mendampingi anggota dewan untuk mengawal program normalisasi supaya berjalan semestinya. Kesempatan yang sangat baik tersebut, juga dimanfaatkan oleh tokoh masyarakat, baik dari anggota Gapoktan maupun dari anggota Pokmasdes Lestari Mandiri, untuk berkumpul dan sekaligus berdiskusi dengan Anggota Dewan, tentang bagaimana cara untuk memajukan Desa Sitiarjo, terutama dibidang pertanian. Hadir juga anggota Dinas Sumber Daya Air kabupaten malang, Gapoktan dan Pokmasdes Lestari Mandiri Desa Sitiarjo.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Seminar Program KKNT Desa Wisata Unhas, Dispar Berharap Bersinergi Dengan Baik

4 Januari 2024 - 22:53 WIB

Trending di DESA