Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PEMERINTAHAN · 19 Jul 2023 20:59 WIB ·

Sakral Festival Tabot 2023 Bengkulu, Resmi dibuka


 Sakral Festival Tabot 2023 Bengkulu, Resmi dibuka Perbesar

Desamerdeka.id – Bengkulu : Festival Tabut 2023 resmi dibuka Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Event Tabut tahun ini tampak istimewa karena masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Tabut Bengkulu ini sudah masuk dalam KEN 2023, hal ini tidak lain dari kekuatan budaya yang ditampilkan dan peran kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat,” ujar Gubernur usai membuka Festival Tabut 2023 di Lapangan Merdeka Bengkulu, Selasa (18/7).

Lebih lanjut, menurut Rohidin, pelaksanaan tabut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (1 Muharram hingga 10 Muharram), ini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Bengkulu yang sebelumnya sempat terpuruk karena pandemi COVID-19.

“Sekarang mulai terasa, pergerakan ekonomi di masyarakat lewat sinergi bersama para pelaku UMKM pada setiap event tabut yang dilaksanakan dari tahun ke tahun,” terang Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Terakhir, momen tabut ini akan menampilkan berbagai kesenian dari pelaku seni di Provinsi Bengkulu, dan ada juga perlombaan-perlombaan untuk memeriahkan Festival Tabut 2023 seperti atraksi doll, tari kreasi, telong-telong, dan ikan-ikan. Di samping itu, juga ada kolaborasi budaya antar provinsi-provinsi tetangga.

“Malam ini tadi sudah tampil kolaborasi budaya dari DKI dengan Ondel-Ondel dan Barong Landong budaya khas masyarakat Lembak. Antusias untuk tampil dari berbagai macam keragaman budaya kesenian Bengkulu ini semakin besar di bawah Asosiasi Kesenian Bengkulu yang setiap malam akan menampilkan kesenian yang ada di Provinsi Bengkulu,” pungkas Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno turut menyapa masyarakat Bengkulu secara online. Menurutnya, ditetapkannya Festival Tabut dalam KEN 2023 diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional.

“Semoga event berjalan dengan lancar dan terus mempromosikan daya tarik Parekraf Provinsi Bengkulu yang berdampak positif pada peningkatan ekonomi nasional serta menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” ucap Sandiaga lewat pesan video.

Sandiaga juga turut mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Bengkulu untuk ikut memeriahkan Festival Tabut 2023.

“Ayo meriahkan, Tahun lalu saya sudah datang ke Festival Tabut. Tentunya event ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam memajukan sektor Parekraf di provinsi Bengkulu,” katanya.

Dikabarkan juga,malam tanggal 19 Presiden Republik Indonesia Ir.Jokowidodo akan datang Langsung mengunjungi lokasi festival tabot 2023

Artikel ini telah dibaca 79 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Gandeng PSSI, Disdik Resmi Buka GSI Jenjang SMP Tingkat Kab.Bekasi

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Kab.Bekasi Juara Internasional Football Championship U-13

14 Mei 2024 - 13:20 WIB

Jangan Khawatir, Stok Kebutuhan Pokok di Banyumas Aman dan Terjangkau Hingga Lebaran

27 Maret 2024 - 22:04 WIB

Musdes Pembahasan Rancangan RPJMDesa Bonto-Bontoa, Wajah-Wajah Peserta Diliputi Keceriaan

10 Maret 2024 - 10:13 WIB

Walau Libur Nasional Pelayanan Dokumen Kependudukan Kantor Sembilang OPI Mall Tetap Buka

9 Februari 2024 - 21:39 WIB

Perekrutan Calon Perangkat Desa, Dilakukan Di Desa Bonto-Bontoa

22 Januari 2024 - 15:45 WIB

Trending di PEMERINTAHAN