Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

SOSBUD · 30 Jul 2023 17:52 WIB ·

Ribuan Warga Berebut Ancak Selamatan Desa Dayurejo


 Ribuan Warga Berebut Ancak Selamatan Desa Dayurejo Perbesar

Pasuruan (DESA MERDEKA) – Ribuan warga, ada yang berasal dari luar daerah seperti Malang, Surabaya dan Mojokerto, berbaur dengan warga dan merasakan bagaimana berebut ancak yang berisi aneka makanan sampai hasil bumi yang digelar Pemerintah Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan dalam rangka selamatan desa.

“Kangen berebut, karena bisa dapat banyak. Sekarang saya dapat roti bluder besar dan buah-buahan,” ungkap Wahyudi, salah satu warga Kepanjen, Kabupaten Malang, usai mengikuti arak-arakan ancak raksasa yang dibawa keliling sejauh 5 kilometer menuju Balai Desa Dayurejo, Minggu (30/07/2023) pagi.

Tradisi selamatan desa tersebut, dilakukan setiap dua tahun sekali, dimana  setiap dusun atau pedukuhan mengeluarkan satu sampai enam jenis ancak. Uniknya lagi, setiap dusun memiliki dua di ancak perwakilan yang akan dikirim ke balai desa yang bernamakan ancak lanang dan ancak wedok. Ancak lanang berisikan hasil bumi seperti sayuran, nasi, ayam dan ikan sedangkan pada ancak wedok berisikan makanan ringan seperti kue tradisional kembang gulo, jajanan kelapa dan lain-lain.

“Ancak-ancak tersebut akan dibawa ke balai desa dengan disertai arak-arakan,” papar Mulyono, Camat Prigen.

Barulah setelah ancak tiba di Balai Desa, warga yang tak sabaran langsung berebut isi ancak. Namun sejatinya, ancak dikumpulkan terlebih dahulu, kemudian didoakan dan langsung diperebutkan. Kata Mulyono, gelaran acara Selamatan Desa tahun ini jauh lebih meriah, lantaran antusiasme warga yang begitu tinggi untuk bisa menghias ancak dan bagi yang hanya menonton saja, warga sudah bersiap sejak pagi hari.

“Saking rindunya menonton arak-arakan seperti ini. Jadi yang datang ya banyak sekali, kami ucapkan terima kasih untuk Pak Kepala Desa yang luar biasa mengerahkan warganya. Pokoknya salut,” ucap Mulyono.

Artikel ini telah dibaca 30 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Akibat Perubahan Iklim, Tantangan Petani Dalam Berbudidaya Rumput Laut

15 Mei 2024 - 19:20 WIB

Aktifitas Cabor Karate Vakum Karena Kinerja Buruk Pengprov FORKI Malut, M. Said Hanafi Didesak Mundur dari Jabatan Ketua

29 Maret 2024 - 14:45 WIB

Dusun Biringere Desa Pattaneteang, Menjadi pilot Proyek Kampung Zakat, 33 Orang Mustahiq Mendapatkan Sentuhan Baznas

25 Januari 2024 - 19:58 WIB

Kapolres Banyuasin Pimpin Langsung Binrohtal Personel Polres

11 Januari 2024 - 13:34 WIB

7.000 Warga Purbalingga Lakukan Longmarch Dan Galang Dana Sebagai Wujud Solidaritas Untuk Palestina Untuk Palestina

3 November 2023 - 22:00 WIB

Karang Taruna Naragere Adobala Gelar Aneka Kegiatan Mengisi Bulan Bahasa dan Songsong Hari Sumpah Pemuda 2023

23 Oktober 2023 - 21:31 WIB

Trending di SOSBUD