Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 22 Agu 2023 15:24 WIB ·

Pj Ketua TP PKK Maya Suganda Sosialisasikan Program “Gelari Pelangi”


 Pj Ketua TP PKK Maya Suganda Sosialisasikan Program “Gelari Pelangi” Perbesar

PANGKALPINANG, DESAMERDEKA- Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi atau (Gelari Pelangi), merupakan salah satu program unggulan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Induk Gerakan PKK tahun 2021-2024, khususnya pada bidang pendidikan, dan peningkatan ekonomi keluarga.

“Semangat yang diusung program Galeri Pelangi adalah mewujudkan keluarga Indonesia yang berdaya secara ekonomi, dan berkualitas secara pendidikan dan keterampilan,” ungkap Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Maya Suganda Pasaribu, saat menjadi narasumber pada kegiatan Penumbuhan Kesadaran Berkoperasi Bagi Kelompok Masyarakat di Prov. Kep. Babel, di Hotel Cordela, Pangkalpinang, pada Selasa (22/8/2023).

Ia menjelaskan, gerakan ini merupakan kegiatan terpadu TP PKK dari tingkat pusat hingga desa/kelurahan, yang sinergis dengan program pemerintah dalam mendorong peningkatan kualitas SDM keluarga dari segi pendidikan, dan ekonomi untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

“Apa saja tujuan Gelari pelangi? Gelari Pelangi memiliki tujuan di antaranya: meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia akan pentingnya pendidikan dan ketahanan ekonomi keluarga; meningkatkan kualitas sumber daya manusia; meningkatkan peran dan eksistensi PKK sebagai mitra pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan keluarga; menumbuhkembangkan usaha ekonomi produktif dan kreatif di kalangan masyarakat; meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga secara optimal; mendorong pengembangan kehidupan berkoperasi; mendukung program pemerintah dalam melaksanakan agenda pembangunan,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan, beberapa program kerja Gelari Pelangi antara lain gerakan gemar membaca, peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan keluarga, penguatan ekonomi keluarga melalui pemanfaatan potensi sumber daya yang dimiliki. Selain itu, ada juga pengembangan usaha peningkatan pendapatan keluarga UP2K PKK, dab pembentukan/pengembangan koperasi PKK.

Dikatakan Pj Ketua TP PKK Maya Suganda, salah satu dari 10 program pokok PKK yakni mengembangkan kehidupan koperasi. Koperasi merupakan guru perekonomian Indonesia yang keberadaan, dan eksistensinya dijamin oleh undang-undang, yakni Undang-Undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992.

“Koperasi PKK memiliki beberapa maksud dan tujuan dalam pembentukan dan pengembangannya, antara lain membentuk dan mengembangkan koperasi sebagai kegiatan ekonomi masyarakat yang berbadan hukum, dan dikelola oleh TP PKK, meningkatkan kemampuan manajemen untuk mengelola koperasi oleh TP PKK. Kemudian, mengelola dan memanfaatkan potensi SDA dan SDM melalui koperasi PKK, membantu produk dari usaha keluarga, pelaku usaha, UP2KPKK, dan UMKM, serta kelompok usaha lainnya, serta menciptakan lapangan pekerjaan baru,” katanya.

Tak hanya itu, Pj Ketua TP PKK juga mengharapkan dukungan untuk pembentukan, dan pengembangan koperasi PKK, antara lain perlunya peningkatan kompetensi kader PKK seperti pelatihan manajemen pengelolaan koperasi, perlunya dukungan dari kepala desa/kelurahan untuk mengalokasikan anggaran terkait pelaksanaan berbagai kegiatan PKK, khususnya pembentukan dan pengembangan koperasi PKK. Selain itu perlunya peningkatan atau penambahan variasi, atau ragam jenis produk yang dihasilkan atau dijual di koperasi. (Red)

Diskominfo Babel

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dipulangkan, Tim Karate Malut Urung Berlaga di Kejurnas Karate Antar PPLP PPLPD dan SKO 2024 di Manado

14 Mei 2024 - 18:50 WIB

Pedagang Pasar Gamalama Kecewa Kebijakan Pemkot Ternate Beri ijin Pedagang Musiman Pasang Tenda-Tenda di Area Terminal

30 Maret 2024 - 21:32 WIB

KONGRES DESA BERSATU MENUJU INDONESIA MAJU

27 Maret 2024 - 23:24 WIB

Gus Halim: Prosedur Pengelolaan Dana Desa Perlu Aturan Lebih Baku

27 Maret 2024 - 15:22 WIB

Simetromas Mudahkan Layanan Tera Ulang, Alat UTTP di Kabupaten Banyumas

26 Maret 2024 - 21:59 WIB

Kongres Desa Bersatu

23 Maret 2024 - 07:33 WIB

Anggota kongres Indonesia bersatu seluruh Indonesia
Trending di RAGAM