Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

DESA · 25 Jun 2024 21:32 WIB ·

Pertama di Banten, Kades Se Kab Lebak Terima SK Perpanjangan


 Ahmad Humaedi IT, SH Perbesar

Ahmad Humaedi IT, SH

Lebak (DESA MERDEKA) – Sebanyak 332 Kepala Desa di Kabupaten Lebak menerima Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan dari Pj Bupati Lebak, Iwan Kurniawan, dari 340 kades di Lebak hanya 332 yang datang, karena ada yang PAW, ada yang proses pemberhantian, ada yang menunggu pilkades serentak. Acara pengukuhan ini dilaksanakan di Ruang Multatuli Setda Lebak dan dihadiri oleh Sekda Lebak, Budi Santoso, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak, Octavianto Arip Ahmad, para kepala SKPD dan camat se-Kabupaten Lebak

Dalam sambutannya, Pj Bupati Lebak, Iwan Kurniawan mengatakan, perpanjangan Masa jabatan Kepala desa se – Kabupaten Lebak berdasarkan Undang – undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Jabatan-jabatan kedua atas undang – undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Atas dasar itulah kata Iwan, perlu dilakukan perubahan Keputusan Bupati Lebak tentang jabatan kepala desa yang semula 6 tahun menjadi 8 tahun.

“Harus diperbaharui. Tadinya jabatan kepala desa jabatannya 6 tahun, saat ini diperpanjang menjadi 8 tahun,” kata Iwan di pendopo Kabupaten Lebak, Selasa (25/06/2024).

Ditambahkan Iwan, kepala desa mempunyai tugas yang berat bukan hanya fokus terhadap program/kegiatan yang dibiayai dari anggaran APBN/APBD tapi harus mampu membawa masyarakatnya ke arah yang lebih maju dan sejahtera, sehingga kepala desa harus mampu memegang teguh amanah dan senantiasa berkomitmen untuk Visi dan Misi mendukung program Pemerintah Kabupaten Lebak.

Budi Kepala Desa Pasirgintung Kec Cikulur Kab Lebak Banten

Sementara itu, Kepala desa Pasirgintung kecamatan cikulur ditemui wartawan desamerdeka.id setelah pelantikan, Budi mengapresiasi Presiden Jokowi dan DPR RI atas perubahan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang mana masa jabatan Kepala Desa diperpanjang dari 6 tahun menjadi 8 tahun perubahan tersebut akan dijadikan motivasi bagi para kepala desa untuk menerima yang terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat.

Dihubungi terpisah via whatsapp Ahmad Humaedi IT SH,  tokoh pemuda kecamatan cikulur mengatakan, perpanjangan masa jabatan ini masih pro dan kontra akan tetapi diharapkan dapat memberikan manfaat, terhadap masyrakat desa.

Dengan masa jabatan yang lebih panjang, kepala desa memiliki waktu yang lebih leluasa untuk melaksanakan program-program pembangunan desa dan menjalin hubungan yang lebih kuat  serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan masyarakat.

Sehingga dapat meningkatkan efektivitas program desa, Kepala desa memiliki waktu yang lebih cukup untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program desa.

Namun, perpanjangan masa jabatan ini juga memiliki beberapa potensi tantangan, seperti penyalahgunaan kekuasaan dengan penambahan masa jabatan yang Panjang ini, kurangnya akuntabilitas dan potensi stagnasi dalam kepemimpinan desa

Oleh karena itu, penting bagi kepala desa untuk menggunakan masa jabatan yang lebih panjang ini secara bertanggung jawab dan akuntabel kepada masyarakat. Mereka harus terus bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Cikulur Gencarkan Edukasi Ibu Hamil PKH Lewat P2K2 Gabungan

9 Juli 2024 - 22:14 WIB

Perangi Stunting di Puger: Kader Desa Ikuti Bimtek Evaluasi EHDW dan Persiapan Rembuk Stunting

9 Juli 2024 - 17:25 WIB

Semarak Hari Jadi Desa Pasirgintung ke-17 Berpadu dengan Malam Tahun Baru Islam 1446H

7 Juli 2024 - 16:45 WIB

Bina Wilayah Desa Pasanggrahan Siap Dinilai, Targetkan Raih Terbaik!

4 Juli 2024 - 15:16 WIB

Korban Tewas Ledakan Sumur Minyak Ilegal di Muba Bertambah Jadi Dua

1 Juli 2024 - 13:34 WIB

Klarifikasi Pembangunan Wisata Desa Pandansari: Menuju Pemahaman yang Lebih Baik

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Trending di DESA