Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

KUMHANKAM · 9 Apr 2023 13:51 WIB ·

Percobaan Pemerkosaan Selesai Dijalan Damai


 Percobaan Pemerkosaan Selesai Dijalan Damai Perbesar

Baturaja, Desamerdeka.id – Bhabinkamtibmas Polsek Sosoh Buay Rayap, Polres Oku Desa Rantau Kumpai Bripka Adi Iswanto, melakukan kegiatan Problem Solving warga binaan, pada Sabtu (08/04/2023) siang, terhadap Percobaan Pemerkosaan

Kasus percobaan pemerkosaan oleh sdr. IM, alamat Desa Rantau Kumpai Kec. Sosoh Buay Rayap Kab. Oku terhadap sdri LE, alamat Desa Rantau Kumpai Kec. Sosoh Buay Rayap Kab. Oku yang terjadi pada hari Kamis (30/03/2023) lalu.

Dengan adanya permasalahan pada warga binaan ini, Bhabinkamtibmas bersama Kepala Desa dan perwakilan dari pemerintah kecamatan setempat, memanggil kedua belah pihak untuk dilakukan musyawarah di kediaman kepala desa rantau kumpai.

Setelah kedua belah pihak hadir, Bhabinkamtibmas selanjutnya melakukan Problem Solving atas kasus percobaan pemerkosaan ini.

Saat dipertemukan, kedua belah pihak telah setuju dan sepakat untuk berdamai. Dalam perdamaian ini pihak pertama bersedia membayar biaya tepung (denda adat, red) kepada pihak kedua berupa uang tunai secara cash.

Kedua belah pihak bersepakat, tidak akan menaruh dendam dikemudian hari, dan menandatangani perjanjian damai. keduanya bersedia untuk diproses secara hukum yang berlaku apabila melanggar keputusan musyawarah yang ditetapkan dalam surat perjanjian.

Setelah kedua belah pihak dapat menyetujui isi surat perdamaian tersebut, selanjutnya kedua belah pihak dan saksi-saksi membubuhkan tanda tangan dalam surat perjanjian tersebut.

Kapolres Oku AKBP Arif Harsono,  melalui Kapolsek Sosoh Buay Rayap AKP Prayitno mengatakan, apa yang dilakukan oleh personelnya selain tugas sambang rutin, juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini gangguan kamtibmas di wilayah binaannya.

Disamping itu, sudah menjadi tugas Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan Problem Solving, pada setiap permasalahan yang terjadi di desa binaannya.

“Tentunya permasalahan atau kasus ringan saja yang dilakukan problem solving, sehingga tidak meluas menjadi konflik sosial dan dapat terciptanya situasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat” Pungkasnya (das)

Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Menggugat Visi Capres tentang Masa Depan Pemberantasan Korupsi di tengah KPK Limbung (Suara Perempuan dari Kampus)

5 Januari 2024 - 08:23 WIB

AKBP. Beny Prasetya Gelar Konferensi Pers di Halaman Polres Pringsewu

31 Desember 2023 - 21:22 WIB

Puslatpur Mengikuti Dialog Interaktif Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Melalui Vicon

1 November 2023 - 20:25 WIB

Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa

13 Oktober 2023 - 18:06 WIB

Cianjur Dapatkan 3 Penghargaan Desa Sadar Hukum

10 September 2023 - 20:36 WIB

927 WBP Lapas Banyuasin Terima Remisi HUT RI ke-78, 11 Diantaranya Langsung Bebas

17 Agustus 2023 - 14:25 WIB

Trending di KUMHANKAM