Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 27 Mar 2024 22:18 WIB ·

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA


 Warga masyarakat cukup membawa hp android dan unduh appl IKD Perbesar

Warga masyarakat cukup membawa hp android dan unduh appl IKD

  • WONOGIRI-DESA MERDEKA Perkembangan Teknologi Informasi (TI) di era globalisasi dewasa ini cukup pesat dan menggeliat. Geliatnya tidak hanya di perkotaan, bahkan sampai ke wilayah pedesaan. Dampak positifnya adalah kecepatan layanan publik pada level Desa menjadi sebuah cita-cita, lebih mendalamnya bukan lagi sebuah cita-cita saja namun menjadi sebuah value atau nilai yang harus dijunjung oleh badan publik Desa. Kabar yang beredar pada semester kedua Tahun 2024, pemerintah mulai perlahan-lahan memberlakukan IKD (Identitas Kependudukan Digital), wacananya IKD ini nanti akan menjadi portal dari akumulasi dokumen pribadi Warga Negara Indonesia, diantaranya KTP, KK, NPWP, KIS, Akta Kelahiran, Kartu Vaksinasi dan lain sebagainya.
    Langkah pemerintah tersebut disambut baik oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wonogiri dengan meluncurkan program Desa/Kelurahan Nyawiji Migunani. Substansi dari program ini adalah membangun sinergi diantara para stakeholder  Desa untuk memperkuat kepemilikan dokumen kependudukan sehingga warga mayarakat menjadi sadar adminduk (administrasi kependudukan). Membangun kesadaran kolektif akan pentingnya adminduk bukan perkara mudah, lazimnya para warga masyarakat baru memproses dokumen tatkala tersandung permasalahan adminsitratif.
    Satu contoh studi kasus yakni manakala akan mengurus pesyaratan pernikahan, setelah berkas dikumpulkan ternyata terdapat perbedaan nama antara dokumen yang satu dengan yang lain. Konsekuensinya harus membuat akta kelahiran, bahkan ada yang harus sidang di Pengadilan Negeri, semua tergantung sejauhmana perbedaan datanya.
    Strategi yang ditempuh oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri adalah dengan membuka akses Sistem Informasi Adminsitrasi Kependudukan sampai ke Desa dan Kelurahan. Sebelumnya pihak yang bisa mengakses SIAK hanya sampai di operator Kecamatan, artinya beberapa kasus pengurusan administrasi, pemohon harus datang ke Kecamatan. Namun sekarang tidak, semua pengurusan administrasi kependudukan bisa selesai di Desa dan Kelurahan kecuali rekam eKTP, cetak eKTP dan cetak KIA harus di Kecamatan, mengingat hardware nya hanya ada di Kecamatan.
    Guna mendukung program tersebut mau tidak mau Pemerintah Desa dan Kelurahan harus menyediakan infrastruktur yang memadai. Mulai dari perangkat keras (laptop, printer, pc, scanner) yang support serta menyediakan koneksi jaringan yang memadai. Setelahnya juga tersedianya Sumber Daya Manusia yang cakap dan handal untuk mengoperasikan peralatan tersebut. Inovasi ini disambut baik oleh Pemerintah Desa Ngadipiro ,yang selalu berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
    “Inovasi Desa nyawiji migunani sangat membantu masyarakat Desa Ngadipiro, meskipun masuk dalam wilayah Kecamatan Wonogiri namun secara orbitasi Desa Ngadipiro paling jauh dari pusat pemerintaham Kecamatan. Dengan inovasi ini akan mendekatkan pelayanan dan memperpendek waktu pengurusan adminduk” ungkap Bambang Rusdiyanto operator loket online Desa Ngadipiro. Bukan tidak mungkin kedepannya pengurusan eKTP, khususnya rekam eKTP bisa dilakukan di Desa atau Kelurahan, kita tunggu saja perkembangannya. (Wonogiri-Desa Merdeka).

    Inovasi digital Adminduk loket desa rekam IKD cukup didesa
    Inovasi digital Adminduk loket desa rekam IKD cukup didesa

    Antrian warga yang rekam ikd
    Warga masyarakat cukup membawa hp android dan unduh appl IKD
Artikel ini telah dibaca 47 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Trending di DESA