Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 9 Jun 2023 12:03 WIB ·

Pemdes Ngadipiro Salurkan BLT Bulan Juni 2023


 Pemdes Ngadipiro Salurkan BLT Bulan Juni 2023 Perbesar

Wonogiri (DESA MERDEKA) : Pemerintahan Desa Ngadipiro Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, menyalurkan dana BLT di bulan Juni 2023, dimana penerima BLT Dana Desa Kemiskinan Ekstrem akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp300 ribu /bulan, jumat (9/6/23).

Adapun BLT Dana Desa diberikan kepada masyarakat miskin yang sebelumnya tidak menerima bansos dari pemerintah, baik itu dalam program PKH maupun BPNT secara non tunai.

Merujuk pada amanat Inpres No 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, pemerintah menggelontorkan lagi Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 2023 yang diambil dari Dana Desa.

Namun ada aturan baru, sasaran penerima BLT Dana Desa 2023, yaitu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tergolong miskin ekstrem.

Kasi pelayanan didampingi pendamping desa

Adapun jumlah KPM didesa Ngadipiro sebanyak 25 KPM, dalam penyaluran BLT DD ini juga hadir pendamping desa Sri Utami dan pihak kuramil,acara bisa lancar dan terkendali.

Pemerintah pusat sendiri memberikan keleluasaan kepada pemerintah desa setempat melalui Kelurahan dan Kecamatan, untuk menentukan dan memberikan BLT Kemiskinan Ekstrem 2023.

Polanya adalah jika di sebuah desa tidak terdapat keluarga yang masuk kedalam kategori kemiskinan ekstrem, maka akan dilihat ke 1-4 desa sekitarnya. Apabila masih tidak terdapat keluarga dengan kemiskinan ekstrem, BLT akan diberikan kepada keluarga yang kehilangan mata pencaharian. Keluarga yang mempunyai anggota keluarga rentan sakit menahun atau kronis, rumah tangga tunggal lansia atau penderita difabel.

Penetapan tersebut dilakukan melalui pendataan dan survei langsung, yang dilakukan dengan tujuan supaya BLT Kemiskinan Ekstrem bisa tepat sasaran.

Sebanyak 25 KPM penerima BLT dibulan Juni 2023

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Trending di DESA