Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 7 Apr 2023 17:10 WIB ·

Pemdes Talang Arah  Salurkan BLT-DD TA 2023 Kepada 22 Keluarga


 Pemdes Talang Arah  Salurkan BLT-DD TA 2023 Kepada 22 Keluarga Perbesar

Bengkulu Utara ( DESA MERDEKA ) – Program BLT-DD TA 2023 berhasil disalurkan oleh Pemdes Talang Arah kepada 22 KPM-nya pada Kamis (5/4) hari ini. Total BLT-DD yang disalurkan oleh Pemdes Talang Arah, ini senilai Rp 900 ribu/KPM untuk jatah 3 bulan sekaligus yakni jatah bulan Januari, Februari dan Maret.

Selain mengawali penyaluran program BLT-DD. Pemdes Talang Arah juga telah merealisasikan pembangunan fisiknya yang bersumber dari DD tahap I TA 2023 dalam bentuk kegiatan normalisasi aliran sungai, irigasi dan drainase.

Hadir dan turut menyaksikan langsung jalannya realisasi program DD tahap I TA 2023 di Desa Talang Arah, ini diantaranya Danramil Putri Hijau, Bhabinkamtibmas, Sekcam Putri Hijau beserta Kasi PMD, Kades Talang Arah, Ketua dan anggota BPD Desa Talang Arah serta jajaran aparatur perangkat desa di Talang Arah.

Kades Talang Arah, Ramdani, berharap, bantuan langsung tunai yang disalurkan oleh desa untuk jatah tiga bulan pertama, ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh KPM sebaik mungkin.

“Silahkan gunakan BLT-DD yang telah diberikan oleh desa, ini untuk memenuhi kebutuhan dasar atau pokok masing-masing KPM,” pintanya.

Di sisi lain Ramdani, mengatakan, bahwa pada realisasi DD tahap I di TA 2023, ini pihaknya akan mengawali pembangunan fisik di desa dengan memfokuskan kepada kegiatan normalisasi aliran sungai, irigasi dan drainase lingkungan desa.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara swakelola oleh TPK dengan mengunakan anggaran DD sebesar Rp 139.367.000 volume 2000 meter ini. Diharapkan Ramdani, petani yang ada di desanya akan lebih mudah dan terbantu dalam merawat saluran air dan sebagai upaya untuk mengembalikan sendimen yang mengakibatkan pengendapan di sepanjang aliran sungai, irigasi dan drainase lingkungan desa.

“Melalui normalisasi, ini kita harapkan masalah-masalah lingkungan seperti terjadinya banjir akibat luapan air yang mengalir dan terganggunya fungsi dari aliran irigasi bisa teratasi. Dan output yang paling kita harapkan dari kegiatan normalisasi aliran sungai, ini adalah dapat menunjang kebutuhan air bagi petani dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya dan menjamin ketahanan pangan masyarakat di desanya,” ujarnya.

Sesuai pantauan Media dilapangan, pembanguan fisik berupa normalisasi aliran sungai, irigasi dan drainase lingkungan di Desa Talang Arah, ini telah diawali dengan kegiatan pra pembangunan yang ditandai dengan pelaksanaan kegiatan titik nol di lokasi pembangunan.(Adv)

 

Artikel ini pernah Tayang di radarutara.id

 

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Trending di DESA