Menu

Mode Gelap
Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste Kunjungan di Klaten, Wamendes Paiman Ingatkan BUMDesa Maju Jika Inovatif dan Kreatif

DESA · 25 Mei 2023 19:10 WIB ·

Pastikan Pemdes Mudah dan Benar Isi IDM 2023, TPP Kalinyamatan Lakukan Ini


 Pastikan Pemdes Mudah dan Benar Isi IDM 2023, TPP Kalinyamatan Lakukan Ini Perbesar

JEPARA ( DESA MERDEKA ) – Fasilitasi Pengisian IDM di Desa Kriyan Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara ( 25 Mei 2023).

Salah satu kegiatan rutin tiap tahun di Desa yang dilakukan antara bulan April s/d Juni adalah Pemutakhiran IDM, dan yang menjadi perhatian dalam setiap pemutakhiran bagi semua pihak adalah bagaimana akurasi isian seoptimal mungkin sesuai fakta dan data riel yang ada, dan yang tidak kalah penting adalah memahami maksud dari setiap questioner yang berjumlah sebanyak 1.584 isian, untuk mewujudkan yang menjadi harapan tersebut dan untuk memastikan Pemerintah Desa mudah melakukan pengisian setiap questioner, Pendamping Desa Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara yang di komandoi oleh Arif Sutiyono, Dwi Joko Darwiyanto, Sigit Haryanto dan Fatkhur Rahman, melakukan fasilitasi dengan cara memberikan penjelasan setiap detail isian questioner secara rinci dan menjelaskan sumber data yang dapat digunakan pada setiap Desa di Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa desa mempunyai peran yang cukup besar dalam upaya menentukan arah visi membentuk sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik di masa depan, upaya tersebut dapat dimulai dengan menggerakkan pembangunan, meningkatkan kualitas hidup, serta kesejahteraan masyarakat desa.

Aspek yang penting untuk mencapai visi tersebut adalah pembangunan Desa. Dalam hal pembangunan Desa, instrumen yang perlu diketahui adalah bagaimana permasalahan yang sebenarnya dialami oleh desa dan seberapa besar dan kuat potensi desa yang dimiliki.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melalui Permendesa No. 2 Tahun 2016, telah menetapkan beberapa indikator yang memberi kemudahan kepada desa untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemandirian Desa nya.

Dengan adanya instrumen tersebut, desa dapat mengenali dan menggali informasi, sejauh mana permasalahan yang dialami dan potensi yang dimiliki untuk mendorong desa keluar dari jerat masalahnya, Instrumen tersebut dikenal dengan istilah Indeks Desa Membangun (IDM).

Indeks Desa Membangun (IDM) adalah indeks komposit yang dibentuk dari 3 jenis indeks, yakni Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Indeks Desa Membangun dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju desa maju dan mandiri diperlukan kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa untuk mensejahterakan kehidupan desa.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) meluncurkan Indeks Desa Membangun (IDM) pada Oktober 2016.

Indeks Desa Membangun bisa digunakan sebagai acuan dalam melakukan integrasi, afirmasi, dan sinergi pembangunan. Harapannya adalah agar terwujudnya kondisi masyarakat desa yang sejahtera, adil dan mandiri.

Indeks Desa Membangun (IDM) mengklasifikasi desa menjadi lima status yakni:

  • Desa Mandiri
  • Desa Maju
  • Desa Berkembang
  • Desa Tertinggal
  • Desa Sangat Tertinggal

Klasifikasi di atas berguna untuk mempertajam penetapan status perkembangan desa sekaligus sebagai rujukan intervensi kebijakan.

Adapun tujuan disusunnya Indeks Desa Membangun adalah sebagai berikut:

  • menjadi instrumen dalam menempatkan status/posisi desa dan menilai tingkat kemajuan dan kemandirian desa
  • menjadi bahan penyusunan target lokasi (lokus) berbasis desa
  • menjadi instrumen koordinasi dengan K/L, Pemerintah Daerah dan Desa, serta lembaga lain

Pada dasarnya Indeks Desa Membangun disusun untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani pengentasan desa tertinggal dan peningkatan desa mandiri.

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Batu Brak Sukses Gelar MAD Transformasi UPK Eks PNPM Menjadi BUMDESMA

29 November 2023 - 18:04 WIB

Desa Gajah Gelar Pemilihan BPD Periode 2023-2029

2 November 2023 - 19:22 WIB

Kemeriahan peringatan satu tahun senam lansia pejuang sehat desa Wonokerto

22 Oktober 2023 - 19:52 WIB

15 Desa di Banyumas Siap Gelar Pilkades Serentak

15 Oktober 2023 - 15:54 WIB

Program Padat Karya Tunai Dari Kemenaker Di  Desa Braja Indah Terealisasi

14 Oktober 2023 - 11:31 WIB

102 Desa di Siak Dapat Dana BKK, Pemkab Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubri

13 Oktober 2023 - 21:18 WIB

Trending di DESA