Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PEMERINTAHAN · 8 Mei 2023 20:25 WIB ·

Pastikan Aset Desa Terkelola Baik, Pemkab Bekali Pemdes se-Katingan


 Pastikan Aset Desa Terkelola Baik, Pemkab Bekali Pemdes se-Katingan Perbesar

Kasongan ( DESA MERDEKA ) – Bimbingan teknis mendalam terkait sistem pengelolaan aset desa, dilakukan pemerintah kabupaten katingan, melalui pelatihan intensif kepada seluruh pemerintahan desa di wilayah Kabupaten Katingan.

“Bimbingan teknis pengelolaan aset desa ini didasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014. Maka, dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat harus didasarkan pada pancasila dan hukum,” Kata Sunardi N Litang, Wakil Bupati Katingan, Minggu (7/5/2023).

Dengan adanya dana desa, penyaluran yang dilakukan sejak tahun 2015 sampai dengan saat ini telah banyak menghasilkan aset-aset desa yang diadakan secara swakelola, hibah, pengadaan dan lain-lain yang masih belum tercatat secara maksimal.

“Makanya, perlu ada edukasi melalui bimbingan dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui aplikasi SIPADES . Sehingga, para aparatur pemerintah desa yang diharapkan dapat mengelola pencatatan aset desanya,” jelas Sunardi N Litang.

Orang nomor dua di Katingan menghimbau kepada desanya agar serius dalam mengikuti bimbingan teknis dengan baik sampai selesai sesuai agenda yang sudah ditentukan.

“Tujuan pemerintah pusat mengucurkan dana desa secara langsung dalam rangka upaya percepatan pembangunan ekonomi di desa, jadi ikuti kegiatan ini dengan baik supaya pengelolaan administrasi aset desa lebih baik lagi dan transparan untuk kemajuan di desa,” pungkasnya.

Ia berharap kedepannya pemerintah desa tidak tidak hanya dapat mengelola aset desa namun juga dapat mengelola administrasi keungan desa serta fungsi dan kinerja di desa.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Jalin Sinergitas,Forkopimcam Kedungwaringin dengan Ormas Pemuda Pancasila Ciptakan Kondusifitas Jelang Pilkada

28 Mei 2024 - 14:26 WIB

Gandeng PSSI, Disdik Resmi Buka GSI Jenjang SMP Tingkat Kab.Bekasi

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Kab.Bekasi Juara Internasional Football Championship U-13

14 Mei 2024 - 13:20 WIB

Jangan Khawatir, Stok Kebutuhan Pokok di Banyumas Aman dan Terjangkau Hingga Lebaran

27 Maret 2024 - 22:04 WIB

Musdes Pembahasan Rancangan RPJMDesa Bonto-Bontoa, Wajah-Wajah Peserta Diliputi Keceriaan

10 Maret 2024 - 10:13 WIB

Walau Libur Nasional Pelayanan Dokumen Kependudukan Kantor Sembilang OPI Mall Tetap Buka

9 Februari 2024 - 21:39 WIB

Trending di PEMERINTAHAN