Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

LINGKUNGAN · 5 Apr 2023 04:03 WIB ·

Pantau dan Lindungi Hutan, Perhutani Resmikan Posko di Pinggir Pantai Bajulmati


 Pantau dan Lindungi Hutan, Perhutani Resmikan Posko di Pinggir Pantai Bajulmati Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) –  Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang meresmikan Posko RPH Bantur BKPH Sumbermanjing pada hari Kamis (30/6/2024). Peresmian posko yang terletak di wilayah pinggiran Pantai Bajulmati, Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk jajaran KPH Malang, Asisten Perhutani (Asper) Perum Perhutani, Muspika, Koramil, Polsek Kecamatan Gedangan, jajaran pemdes di wilayah RPH Bantur, pengurus LMDH dan KTH se Malang Selatan, tokoh masyarakat sekitar, dan para petugas Perhutani.

Menurut Kepala KPH Malang, Candra Musi S.Hut., M.Si., pembangunan posko ini bertujuan untuk mempermudah pemantauan dan perlindungan kawasan hutan di wilayah Malang Selatan, khususnya di RPH Bantur dan sekitarnya. “Wilayah hutan di BKPH Sumbermanjing sangat luas dengan medan yang sulit dijangkau. Dengan adanya posko ini, diharapkan dapat membantu memudahkan para petugas untuk melaksanakan tugasnya,” jelasnya.

Posko ini didirikan di lokasi strategis, yaitu di kawasan simpang empat jalur lintas selatan (JLS). Selain berfungsi untuk pemantauan kawasan hutan, posko ini juga akan difungsikan sebagai tempat diskusi tentang perkembangan dan monitoring hutan di Malang Selatan, pos pantau wisata, dan kegiatan sosial lainnya.

“Posko ini juga akan difungsikan sebagai pos pantau wisata karena di Malang Selatan banyak sekali tempat wisata. Kebetulan posko pantau ini berada di kawasan wisata Pantai Bajulmati,” ujar Asper Perum Perhutani, Amir Hamzah.Kepala RPH Bantur,  Sutarto, menambahkan bahwa posko ini nantinya akan di multifungsikan. “Selain fungsi utama, posko ini juga akan difungsikan untuk kegiatan sosial masyarakat, posko keamanan di jalur lintas selatan, dan dialog bersama warga tentang pengetahuan tentang pengelolaan kawasan hutan dibawa tegakan,” tuturnya.

Sutarto juga berharap, posko tersebut  dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik Perhutani, masyarakat, maupun wisatawan yang berkunjung ke Malang Selatan.

Informasi Tambahan:

  • Posko RPH Bantur BKPH Sumbermanjing dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang kerja, ruang istirahat, dan toilet.
  • Perhutani akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga keamanan dan kelestarian hutan di Malang Selatan.
  • Masyarakat diimbau untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan dengan tidak melakukan perusakan hutan dan melaporkan kepada pihak berwajib jika melihat adanya aktivitas ilegal di kawasan hutan.

Sumber:

  • Bpk Candra Musi S.Hut., M.Si., Kepala KPH Malang
  • Bpk Amir Hamzah, Asper Perum Perhutani
  • Bpk Sutarto, Kepala RPH Bantur
Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 254 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa

8 Juli 2024 - 16:29 WIB

Cagar Alam Desa Kubung Terancam Punah Akibat Pertambangan Liar, Potensi Wisata Air Panas Terbengkalai

4 Juli 2024 - 22:28 WIB

PAC Pemuda Pancasila Pebayuran Bagikan Takjil

29 Maret 2024 - 18:38 WIB

Peduli Pelestarian Alam Ansor Banser Gajah Tanam 500 Pohon Pule

9 Maret 2024 - 18:48 WIB

Komitmen Selamatkan 20.000 Jiwa, Polres Banyuasin Musnahkan Barang Narkotika

16 Januari 2024 - 13:44 WIB

Di Sitiarjo, DLH Kabupaten Malang Bagikan Tempat Sampah, Jaga Kelestarian Lingkungan

10 Januari 2024 - 14:06 WIB

Trending di LINGKUNGAN