Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

EKBIS · 9 Jun 2024 15:29 WIB ·

Pak Armansyah Tingkatkan Ekonomi Keluarga dengan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo


 Pak Armansyah Tingkatkan Ekonomi Keluarga dengan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo, Jum'at (07/06) di Nagari Sianok Anam Suku Kabupaten Agam. (Foto Dok.: Ali Akbar) Perbesar

Pak Armansyah Tingkatkan Ekonomi Keluarga dengan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo, Jum'at (07/06) di Nagari Sianok Anam Suku Kabupaten Agam. (Foto Dok.: Ali Akbar)

Padang Pariaman (Desa Merdeka) : Pak Arman panggilan akrab Armansyah bertempat tinggal di Jorong Jambak Nagari Sianok Anam Suku Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

Menuju ke rumak pak Arman dan isteri bernama Desi Hermita terasa sejuk, asri dan jauh dari hiruk-pikuk suara kendaraan lalu lalang. Desa/nagari Sianok Anam Suku terletak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Bukittinggi.

Rombongan pewarta media desamerdeka.id bersama IDe Dewi – Founder Kebun IDeOrganik (pengelola Desa Wisata GURANJHIL di Kabupaten Padang Pariaman) datang berkunjung ke lokasi pak Arman pada Jum’at (07/06), mulai pukul 10.15 – 14.30 WIB.

Berawal pada pertengahan tahun 2021 beliau mencari-cari usaha yang dapat membantu menopang perekonomian keluarga. Setelah dapat ilmunya, langsung membuat ternak lebah madu Galo-galo. Di tempat inilah pak Arman bersama 9 orang warga sekitar akhirnya memiliki usaha Budidaya Lebah Madu Galo-Galo.

“Saya mulai dari 2 buah kotak rumah lebah madu Galo-galo,” ungkap pak Arman mengawali kisahnya.

“3 bulan berikutnya, sudah memproduksi madu lebah Galo-galo. Hasil 1 kotak mencapai 1 liter madu setiap bulan. Kemudian pada awal Tahun 2023, saya memperbanyak koloninya secara bertahap, hingga saat ini sudah mencapai 15 koloni lebah madu Galo-galo.”

Pak Arman melanjutkan pembicaraan, “Harga 1 liter madu Galo-galo kisaran Rp.400 ribu – Rp.500 ribu. Jenis lebah yang ada saat ini bernama Torasika, cocok untuk daerah dingin. Sebelumnya pernah menggunakan jenis Intama, namun kurang baik perkembangannya. Jenis Intama cocoknya di daerah panas.”

Dalam wawancara dengan pewarta media desamerdeka.id, pak Arman menerangkan, “Sekitar April 2024 lalu, lahannya dikunjungi oleh rombongan PT. Pegadaian Bandung dan pada bulan Mai 2024 dibantu dengan bibit Bunga Matahari sebanyak 1.000 batang dan seminggu kemudian datang lagi sebanyak 1.500 batang.”

“Bunga Matahari merupakan penghasil polen buat lebah madu Galo-galo. Diharapkan nantinya makin baik perkembangan koloni lebah yang ada disini,” jelas pak Arman.

Dalam kesempatan itu, IDe Dewi menyerahkan biji Bunga Matahari jenis kuaci dan Bunga Matahari jenis minyak sebanyak 45 buah untuk kemudian dibibitkan di lahan pak Arman.

“Kami serahkan biji Bunga Matahari ini agar nantinya pak Arman bisa melihat perkembangan pertumbuhan tanaman Bunga Matahari ini sampai panennya. Moga bisa membantu dalam pengetahuan bapak dalam budidaya Bunga Matahari,” pungkas IDe Dewi.

Terakhir, pak Arman menjelaskan bahwa budidaya lebah madu Galo-galo ini ramah lingkungan dan tidak menyengat manusia. Mudah dalam perawatannya. Sudah banyak yang datang berkunjung bahkan dari luar daerah dan menerapkan ilmunya di tempat masing-masing.

Video terkait berita di atas : https://www.youtube.com/shorts/3mgOn-BMgvk

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

28 Maret 2024 - 20:43 WIB

Presiden Joko Widodo berkunjung pasar diwonogiri

2 Februari 2024 - 05:59 WIB

PBI Gerbangmassa Fasilitasi 1.000 NIB UMKM Sragen

22 Desember 2023 - 16:04 WIB

PBI Gerbangmassa Fasilitaasi 1.000 NIB

KPPU Lakukan Sosialisasi Peran KPPU Bersama Anggota Komisi VI DPR RI Luluk Nur Hamidah

5 Desember 2023 - 11:46 WIB

KPPU Lakukan Sosialisasi Peran KPPU Bersama Luluk Nur Hamidah

Pinang Wangi Sikucua Padang Pariaman menjadi Varietas Unggul Baru 2023

30 Oktober 2023 - 10:29 WIB

Benarkah Nasib Usaha Kecil Dilibas Social Commerce?

16 Oktober 2023 - 23:11 WIB

Trending di EKBIS