Menu

Mode Gelap
Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste Kunjungan di Klaten, Wamendes Paiman Ingatkan BUMDesa Maju Jika Inovatif dan Kreatif

LINGKUNGAN · 22 Mei 2023 11:20 WIB ·

Normalisasi Sungai, Jurus Desa Karangbong Atasi Banjir


 Sejumlah warga membersihkan rumput dan tanaman pengganggu di sungai yang melintasi Dusun Bukol dan Dusun Triwung, Desa Karangbong. (Image Courtesy: Jawa Pos Radar Bromo) Perbesar

Sejumlah warga membersihkan rumput dan tanaman pengganggu di sungai yang melintasi Dusun Bukol dan Dusun Triwung, Desa Karangbong. (Image Courtesy: Jawa Pos Radar Bromo)

Probolinggo (DESA MERDEKA) – Pemerintah Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, memilih melakukan normalisasi sungai untuk mencegah terjadinya banjir saat musim hujan, sekaligus untuk memperlancar aliran air menuju lahan pertanian.

“Normalisasi diawali dengan menebang sejumlah pohon tidak terawat di pinggir sungai, seperti bambu. Kemudian, sampah-sampah yang mengganggu aliran sungai kami bersihkan. Juga dilakukan penggalian endapan tanah di sungai, agar tidak dangkal,” ujar H. Utsman, S.H., Kepala Desa Karangbong.

Normalisasi yang dilakukan di sungai Dusun Bukol dan Dusun Triwung, sepanjang sekitar 750 meter, merupakan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Karangbong pada tahap pertama pembangunan desa tahun ini.

“Selama ini, sungai tersebut sering menimbulkan banjir ketika musim hujan. Luapan air juga sering menggenangi pemakaman. Selain sampah dan kotoran lainnya, banjir juga disebabkan dangkalnya sungai,” papar H. Utsman.

Selama ini, keberadaan sungai tersebut dimanfaatkan warga, terutama yang berprofesi di bidang pertanian, sebagai sumber pengairan yang mendukung sistem irigasi lahan pertanian mereka, sehingga keberadaannya sangat dibutuhan warga.

“Khususnya lahan pertanian di dusun setempat Blok Mendung. Semoga normalisasi ini mebawa manfaat bagi warga,” harap H Utsman.

Selain melalui normalisasi sungai, dalam mendukung pertanian, pada tahap kedua pembangunan desa tahun ini, pemerintah desa akan membangun irigasi di Dusun Bukol.

“Pembangunan saluran irigasi ini juga untuk mendukung program ketahanan pangan,” ucap H. Utsman.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kisah Sukses Zailani dan Bukit Asam Budidaya Tanaman Berbasis Otomasi

31 Oktober 2023 - 17:30 WIB

DPRD Kabupaten PALI Mediasi Antara PT GBS  dan EMAB, Ini Hasilnya

24 Oktober 2023 - 21:41 WIB

Sosialisasi Pola pemanfaatan lahan dibawah tegakan kayu jati oleh KPH Malang

20 Oktober 2023 - 06:33 WIB

Pj Gubernur Agus Fatoni Atensi Keluhan Warga PALI, Bentuk Tim Gabungan Usut Pelanggaran Lingkungan Servo Lintas Raya

19 Oktober 2023 - 13:56 WIB

Musim Kemarau, Ratusan Hektar Sawah Padi di Bantaeng Alami Kekeringan

10 September 2023 - 14:30 WIB

Perkuat Sinergi Desa, Cara Pemkot Denpasar Tangani Sampah

22 Agustus 2023 - 08:48 WIB

Trending di LINGKUNGAN