Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PEMERINTAHAN · 30 Agu 2023 20:51 WIB ·

Musim Perencanaan Pembangunan Desa Pattaneteang Gelar Rembug Stunting dan Musdes Khusus Perempuan


 Musim Perencanaan Pembangunan Desa Pattaneteang Gelar Rembug Stunting dan Musdes Khusus Perempuan Perbesar

Bantaeng (DESA MERDEKA) : Musyawarah Desa adalah proses penting dalam sebuah perencanaan pembangunan di Desa, dimana warga bersama Badan Perwakilan Desa (BPD) serta pemerintah duduk bersama membahas permasalahan untuk menjadi Rancangan Kegiatan Pemerintah Desa tahun selanjutnya.

Selasa 29 Agustus 2023 BPD Desa Pattaneteang menyelenggarakan dua (2)  agenda penting yakni Rembug stunting dan musyawarah khusus (Musdes) Perempuan. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Pattaneteang Lukman, SKM, kasi pemerintahan kecamatan Tompobulu Ramli, S.Sos, Ketua BPD dan jajarannya, petugas kesehatan Desa Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta masyarakat perempuan lainnya.

Melalui kesempatan ini, 2 topik menjadi tema pembahasan untuk selanjutnya didiskusikan bersama perwakilan masyarakat yang hadir. Dalam sambutannya Kepala Desa Pattaneteang Lukman, SKM menyatakan bahwa musdes khusus perempuan merupakan sesuatu yang istimewa, dimana di berikan ruang khusus untuk menyampaikan uneg-uneg dan aspirasinya terkait keberadaan kaum perempuan sebagaimana yang di amanahkan undang-undang Desa yang berada dalam SDGs  atau tujuan pembangunan berkelanjutan yang berjumlah 18 poin dan salah satunya tentang kesetaraan gender, terangnya. Terkait konvergensi stunting Lukman Menambahkan bahwa penanganan stunting di Desa pada pembangunan tahun mendatang, menjadi prioritas sehingga peningkatan kapasitas kader Desa perlu di lakukan. Pemberian makanan tambahan perlu di lanjutkan, pemeriksaan ibu hamil dan balita agar menjadi perhatian utama untuk menumbuhkan generasi cerdas yang mampu berprestasi. konvergensi stunting ini merupakan intervensi yang di lakukan secara terkoodinir, terpadu dan bersama mensasar kelompok sasaran prioritas yang berada di Desa, tuturnya.

Sambutan kedua oleh camat tompobulu yang di wakili Kasi pemerintahan Ramli, S.Sos, menekankan dan mengingatkan bahwa usulan yang kita masukkan benar menjadi kebutuhan yang mengarah kepada permasalahan stunting, misalnya pencegahan apa yang mestinya di lakukan melalui perencanaan yang di anggarkan. Sebagai pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi kegiatan ini mengingat semangat kaum perempuan tak kalah hebatnya dari kaum laki-laki, ucapnya sambil berseloroh dan di aplos para hadirin yang kebanyakan ibu-ibu ini. Perjuangan kaum perempuan di kanca perencanaan ini betul-betul bisa di kawal untuk menghadirkan perihal kebaikan dan membawa perubahan kearah yang lebih bermartabat sebagaimana yg di usung oleh kaum perempuan dalam keterlibatannya di penyusunan RKPDes ini. Tetap jaga silaturrahmi  sehingga muncul keberkahan di Desa kita tercinta, lanjut Ramli menegaskan. 

Acara yang di buka oleh ketua BPD Asdar, SE, berharap dalam diskusi nantinya para peserta tidak asal memasukkan perencanaan, namun harus memenuhi persyaratan yakni sebuah kebutuhan yang perlu di lakukan. Kami selaku BPD bersama jajaran mengawal dan menampung aspirasi ibu-ibu serta mengawasi apa yang kita sodorkan hari ini, selanjutnya akan di eksekusi oleh pemerintah Desa untuk di realisasikan

 

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dapat Pembangunan Rehab Pihak SMPN 1 Pebayuran Ucapakan Terimakasih

14 Juni 2024 - 10:40 WIB

Dapat Bangunan Pemagaran Kepsek SDN Bantarsari01 Ucapakan Terimakasih

14 Juni 2024 - 08:17 WIB

Jalin Sinergitas,Forkopimcam Kedungwaringin dengan Ormas Pemuda Pancasila Ciptakan Kondusifitas Jelang Pilkada

28 Mei 2024 - 14:26 WIB

Gandeng PSSI, Disdik Resmi Buka GSI Jenjang SMP Tingkat Kab.Bekasi

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Kab.Bekasi Juara Internasional Football Championship U-13

14 Mei 2024 - 13:20 WIB

Jangan Khawatir, Stok Kebutuhan Pokok di Banyumas Aman dan Terjangkau Hingga Lebaran

27 Maret 2024 - 22:04 WIB

Trending di PEMERINTAHAN