Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

SOSBUD · 11 Sep 2023 10:27 WIB ·

Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste


 Andi Pranowo (Tengah) berfoto bersama Ketua PDM Purbalingga, beserta para pengurus lembaga dan anggota majelis.(foto : PDM Purbalingga - 9/9/23) Perbesar

Andi Pranowo (Tengah) berfoto bersama Ketua PDM Purbalingga, beserta para pengurus lembaga dan anggota majelis.(foto : PDM Purbalingga - 9/9/23)

Purbalingga (DESA MERDEKA) – Ruang rapat gedung PDM (Pengurus Daerah Muhammadiyah) Purbalingga, menjadi saksi atas langkah awal yang luar biasa dari PDM Purbalingga, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, ramah, dan bebas dari sampah.

Innalillahi wa Inna Ilaihirooji’un atas amanah yang diberikan dengan semangat kebersamaan, kami bersama seluruh anggota majelis dan relawan Insya Allah akan mewujudkan misi kami: zero waste di Purbalingga. Upaya ini akan melibatkan semua stakeholder, termasuk warga cabang ranting dan seluruh amal usaha Muhammadiyah, untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengelola sampah sehari-hari dengan lebih baik,” ungkap Andi Pranowo, usai ditunjuk Muakhor Abu Salam selaku wakil ketua PDM Purbalingga, sebagai ketua Majelis Lingkungan Hidup PDM Purbalingga, Sabtu, 9 September 2023.

Untuk membantu Andi Pranowo dalam mengemban amanahnya akan dibantu oleh Mustoffa Nur Alfatin sebagai sekretaris, sedangkan Komari, Abdilah Saladin dan Sugriono sebagai anggota majelis.

Menggandeng Seluruh Stakeholder

Langkah pertama yang diambil, sebagaimana disampaikan Andi Pranowo, adalah merangkul seluruh stakeholder di Purbalingga.

“Kami menyadari bahwa pencemaran lingkungan terjadi di jalan-jalan, sungai, dan bantaran sungai, karena banyak warga yang belum memiliki kesadaran mengelola sampah. Sehingga, kami mengajak semua pihak bergabung dalam upaya ini,“ ajak Andi.

Salah satu strategi utama yang dilakukan, sebagaimana disebut Andi, yakni membentuk tim relawan yang akan bekerja sama melaksanakan aktivitas kebersihan lingkungan, membersihkan daerah-daerah yang terdampak pencemaran lingkungan.

“Dengan bersatu tangan, yakin kita dapat menciptakan perubahan yang signifikan,” ujar Andi.

Bersama-sama Menuju Zero Waste

Majelis Lingkungan Hidup PDM Purbalingga membawa harapan untuk mewujudkan zero waste di Purbalingga akan memberikan dampak positif yang signifikan pada sektor lingkungan, khususnya dalam konteks Muhammadiyah Kabupaten Purbalingga.

“Ini adalah program kita bersama, bukan hanya program Majelis Lingkungan Hidup, melainkan juga program bersama di pengurus daerah Muhammadiyah Purbalingga,“ pungkas Andi Pranowo.

Artikel ini telah dibaca 122 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Akibat Perubahan Iklim, Tantangan Petani Dalam Berbudidaya Rumput Laut

15 Mei 2024 - 19:20 WIB

Aktifitas Cabor Karate Vakum Karena Kinerja Buruk Pengprov FORKI Malut, M. Said Hanafi Didesak Mundur dari Jabatan Ketua

29 Maret 2024 - 14:45 WIB

Dusun Biringere Desa Pattaneteang, Menjadi pilot Proyek Kampung Zakat, 33 Orang Mustahiq Mendapatkan Sentuhan Baznas

25 Januari 2024 - 19:58 WIB

Kapolres Banyuasin Pimpin Langsung Binrohtal Personel Polres

11 Januari 2024 - 13:34 WIB

7.000 Warga Purbalingga Lakukan Longmarch Dan Galang Dana Sebagai Wujud Solidaritas Untuk Palestina Untuk Palestina

3 November 2023 - 22:00 WIB

Karang Taruna Naragere Adobala Gelar Aneka Kegiatan Mengisi Bulan Bahasa dan Songsong Hari Sumpah Pemuda 2023

23 Oktober 2023 - 21:31 WIB

Trending di SOSBUD