Menu

Mode Gelap
Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

DESA · 22 Jul 2023 20:38 WIB ·

Monev Pembangunan Pisangan Jaya, Pastikan Serapan DD/ADD 2023 Sesuai Regulasi


 Monev Pembangunan Pisangan Jaya, Pastikan Serapan DD/ADD 2023 Sesuai Regulasi Perbesar

Tangerang ( DESA MERDEKA) – Unsur pendamping desa di wilayah Kecamatan Sepatan Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang memastikan keberlanjutan kegiatan pembangunan yang didanai dari DD/ ADD Tahun 2023,  melalui kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) tahap 1, di Desa Pisangan Jaya, Sabtu (22/07/2023).

“Dengan kegiatan ini dapat diketahui tingkat akurasi dan kebenaran SPJ kami. Jika ada yang kurang lengkap, kami memiliki waktu yang cukup untuk memperbaikinya kembali,” ujar Muhamad Hotib, Kepala Desa Pisangan Jaya, saat mendampingi kegiatan monev PD dan PLD.

Tim Monev yang dilaksanakan langsung oleh perwakilan tim dari Kecamatan Sepatan, diantaranya Kasi Pemerintahan, Kepala Desa beserta aparatur desa, BPD, LPM, Karang Taruna, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Lokal Desa (PLD) dan (PD) Kecamatan Sepatan, melakukan pengecekan, baik secara administratif SPJ maupun cros chek di 10 lokasi yang ada di Desa Pisangan Jaya.

“Monev adalah kegiatan rutin dalam mengukur tingkat prosentase serapan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) antara target dan realisasinya,” papar Suryadi, Pendamping Lokal Desa.

Prioritas penggunaan Dana Desa (DD), seperti disampaikan Suryadi kepada DesaMerdeka, diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang terbit setiap tahun sebelum tahun anggaran berikutnya berjalan.

“Kegiatan ini juga merupakan kegiatan pembinaan administasi dan SPJ DD/ADD sekaligus memonitor realisasi kegiatan fisik dan pemberdayaan di lapangan,” terang Suryadi.

Monitoring dan evaluasi pembangunan, juga dilakukan untuk mengetahui berapa persen pelaksanaan pembangunan di Desa.

“Sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar di Desa Pisangan Jaya Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten,” pungkas Suryadi.

Di akhir kegiatan, Muhamad Hotib, Kepala Desa Pisangan Jaya, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota team yang hadir dalam monev tersebut. Hotib menyebut, bahwa kehadiran mereka, sudah cukup menjadi bukti perhatian dan pembinaan yang rutin dilakukan kepada Desa Pisangan Jaya, khususnya melalui monev realisasi DD/ADD.

 

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Danrem 041 Garuda emas Bedah Rumah, Bantu Masyarakat Bengkulu Tengah Punya Hunian Layak!

15 Juli 2024 - 15:39 WIB

Datangi Kantor Gubernur, Ratusan Perangkat Desa Kabupaten Lahat  Gelar Audensi

15 Juli 2024 - 09:18 WIB

Cikulur Gencarkan Edukasi Ibu Hamil PKH Lewat P2K2 Gabungan

9 Juli 2024 - 22:14 WIB

Perangi Stunting di Puger: Kader Desa Ikuti Bimtek Evaluasi EHDW dan Persiapan Rembuk Stunting

9 Juli 2024 - 17:25 WIB

Semarak Hari Jadi Desa Pasirgintung ke-17 Berpadu dengan Malam Tahun Baru Islam 1446H

7 Juli 2024 - 16:45 WIB

Bina Wilayah Desa Pasanggrahan Siap Dinilai, Targetkan Raih Terbaik!

4 Juli 2024 - 15:16 WIB

Trending di DESA