Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

EKBIS · 1 Jul 2024 20:45 WIB ·

Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)


 Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Perbesar

Padang Pariaman (DESA MERDEKA) – Potensi alam Sumatera Barat (Sumbar) terus dioptimalkan oleh putra daerahnya. Salah satunya melalui pendirian PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) yang bergerak di bidang produksi minyak atsiri.

“Dari segi potensi sumber daya alam, Indonesia terus menjadi incaran banyak negara. Jika sebelumnya Indonesia menjual bahan mentah ke luar negeri, maka melalui PT Arsens kita mencoba memutus mata rantai itu, dengan memasarkan produk jadi, bukan bahan mentah lagi,” ucap Dasril, perwakilan direksi PT Arsens.

Kehadiran PT Arsens didasari oleh kebutuhan masyarakat akan produk-produk alami. Hal ini sejalan dengan fokus Pemprov Sumbar dalam hilirisasi produk pertanian, sebagaimana yang tertuang dalam RPJPD Sumbar 2025-2045.

“Berdirinya pabrik PT Arsens dengan produk minyak atsiri dan baby oil merk Essens ini sangat kita apresiasi,” ujar Gubernur Sumbar, Mahyeldi Asharullah, saat meresmikan Pabrik PT Arsens di Guguak Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Senin (01/07/2024).

Lebih lanjut, Mahyeldi mengungkapkan bahwa PT Arsens, yang didirikan oleh putra asli Sumbar, tidak hanya memanfaatkan hasil bumi seperti pohon kayu putih untuk produksinya, tetapi juga membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal.

“Kita berharap, agar perusahaan ini semakin berkembang dan bisa bersaing hingga tingkat nasional. Semakin baik perkembangan perusahaan ini, maka akan semakin banyak manfaat yang akan dirasakan oleh daerah kita,” harap Mahyeldi.

Peresmian PT Arsens turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar; Kepala Biro Adpim, Mursalim; dan Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Erinaldi.

Minyak Atsiri dan Peluang Ekonomi

Minyak atsiri merupakan produk yang diolah dari bahan alam nabati, seperti daun, bunga, dan buah. Minyak ini memiliki berbagai manfaat, seperti aromaterapi, relaksan, dan antibakteri.

Kehadiran PT Arsens diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk pertanian di Sumbar, sekaligus membuka peluang ekonomi bagi masyarakat lokal.

“Kita ingin mendorong anak-anak muda Sumbar untuk berwirausaha dan memanfaatkan potensi alam yang ada di daerah kita,” tutur Mahyeldi.

Dengan komitmen dan dukungan dari berbagai pihak, PT Arsens berpotensi menjadi salah satu perusahaan minyak atsiri terdepan di Indonesia, dan membawa manfaat bagi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sumbar.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

58 Keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Tiba di Sumbar, Siap Berinvestasi

5 Juli 2024 - 16:36 WIB

Gubernur Sumbar Sambut Baik Pembangunan Pabrik Pengolahan CPO dan Minyak Goreng di Padang

4 Juli 2024 - 18:04 WIB

GDP Oriented dan Pemerataan Kemakmuran

2 Juli 2024 - 12:34 WIB

BPKP Sumbar dan Perumda Air Minum Kota Padang Tandatangani Nota Kesepahaman Implementasi GRC

24 Juni 2024 - 19:02 WIB

Petani di Sianok Anam Suku Sukses Kembangkan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo

9 Juni 2024 - 15:29 WIB

Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

28 Maret 2024 - 20:43 WIB

Trending di EKBIS