Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 18 Mei 2023 08:32 WIB ·

Meriahkan Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen, Perangkat Desa Ikuti Lomba PBB


 Meriahkan Hari Jadi ke-277 Kabupaten Sragen, Perangkat Desa Ikuti Lomba PBB Perbesar

Sragen (DESA MERDEKA) – Perangkat Desa/ BPD dan Perangkat Kelurahan/ LP2MK se- Kabupaten Sragen, mengikuti lomba Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB), dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sragen.

“Ada 200 peserta yang berasal dari 20 kecamatan yang terdiri dari perangkat desa/BPD perangkat kelurahan/LP2MK dengan masing-masing regu terdiri dari 10 orang peserta,” kata Sutrisna, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sragen, dikutip dari Diskominfo Sragen, Rabu (17/5/2023).

Peserta yang berasal dari desa dan kelurahan, menurut Sutrisna, telah mengikuti seleksi di tingkat kecamatan dan selanjutnya menjadi peserta dari perwakilan kecamatan. Perlombaan ini, dimaksudkan juga untuk menumbuhkan jiwa korsa, serta meningkatkan semangat gotong royong dan bangga terhadap Kabupaten Sragen, sekaligus membentuk mental kedisiplinan serta tanggungjawab.

Sutrisna menuturkan, setiap regu diberi waktu sepuluh menit untuk memenuhi sesi penilaian yang dilaksanakan dengan ketat, mulai dari kekompakan hingga gerakan dan materi PBB.

Ia menjelaskan tim penilai ada tiga orang yang berasal dari TNI/Polri dan satu orang ASN, yakni Kapten Inf Rusdi, Imam Rochadi, dan Aiptu Ariyanto. Tidak hanya perangkat desa, Pejabat Eselon II dan para camat berkesempatan menjadi peserta eksibisi untuk menunjukkan kebolehannya.

Kelucuan dan keseruan pun terjadi, karena para pejabat tersebut diminta menjadi peserta dadakan tanpa berlatih terlebih dahulu. Sehingga gerakan-gerakan yang dilakukannya mengundang gelak tawa penonton.

Namun berbeda dengan para camat, yang rata-rata lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) mereka nampak luwes berbaris karena dulunya sudah terlatih kedisipilinan dan baris berbaris.

Setelah melalui penilaian ketat, dewan juri memutuskan para pemenang juara I, berasal dari Kecamatan Sumberlawang, Juara II dari Kecamatan Kedawung, dan untuk Juara III diperoleh oleh regu dari Kecamatan Sragen.

 

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dipulangkan, Tim Karate Malut Urung Berlaga di Kejurnas Karate Antar PPLP PPLPD dan SKO 2024 di Manado

14 Mei 2024 - 18:50 WIB

Pedagang Pasar Gamalama Kecewa Kebijakan Pemkot Ternate Beri ijin Pedagang Musiman Pasang Tenda-Tenda di Area Terminal

30 Maret 2024 - 21:32 WIB

KONGRES DESA BERSATU MENUJU INDONESIA MAJU

27 Maret 2024 - 23:24 WIB

Gus Halim: Prosedur Pengelolaan Dana Desa Perlu Aturan Lebih Baku

27 Maret 2024 - 15:22 WIB

Simetromas Mudahkan Layanan Tera Ulang, Alat UTTP di Kabupaten Banyumas

26 Maret 2024 - 21:59 WIB

Kongres Desa Bersatu

23 Maret 2024 - 07:33 WIB

Anggota kongres Indonesia bersatu seluruh Indonesia
Trending di RAGAM