Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 5 Jun 2023 14:56 WIB ·

Menteri Desa PDTT Sebut Gelar TTGN XXIV Jadi Ajang Inovator Desa Unjuk Gigi


 Menteri Desa PDTT Sebut Gelar TTGN XXIV Jadi Ajang Inovator Desa Unjuk Gigi Perbesar

Jakarta (DESA MERDEKA) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, gelaran Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) XXIV merupakan ajang para inovator desa untuk unjuk gigi.

“Ini ajang tahunan para inovator desa untuk unjuk gigi, melakukan pameran, hingga memasarkan teknologi tepat guna buatannya. Saya alami sendiri, selalu ada yang baru, (inovasi) yang greget, membuka pintu kemajuan lebih cepat bagi desa-desa di seluruh nusantara,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (5/6/2023).

Sebelumnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) telah menetapkan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah Gelar TTGN XXIV Tahun 2023. Ajang pameran berbagai teknologi tepat guna dari desa dan kelurahan tersebut dilaksanakan pada Kamis (1/6/2023) sampai Minggu (11/6/2023) di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Sebagai perwakilan tuan rumah, Kepala Dinas (Kadin) Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung Zaidirina mengatakan, terpilihnya Lampung sebagai tuan rumah merupakan suatu kehormatan.

“(Acara ini sekaligus) bentuk kesuksesan gubernur dan wakil gubernur (wagub). Kami siap menampilkan teknologi dari desa-desa di Lampung, beserta keunggulan teknologi informasi dan wisata desa,” ucapnya.

Zaidirina menjelaskan, rangkaian kegiatan pertama TTGN XXIV adalah pasar rakyat dengan panggung hiburan yang digelar sejak 1 Juni 2023 di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

“Pada Selasa malam, (6/6/2023), diselenggarakan Gala Dinner untuk menjamu para tamu yang hadir dari 37 provinsi. Para pemenang lomba tingkat Provinsi Lampung juga mendapatkan hadiah malam itu,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Zaidirina, acara pembukaan TTGN XXIV dilaksanakan keesokan harinya, pada Rabu (7/6/2023). Kepala Pusat Daya Saing Kemendesa PDTT Helmiati Nuhung menyampaikan, acara TTGN XXIV akan dibuka langsung pimpinan lembaga tinggi negara.

“(Setelah itu dilanjutkan) pengumuman pemenang sekaligus pemberian hadiah lomba TTG tingkat nasional,” ujarnya.

Melanjutkan pernyataan Helmiati, Zaidirina mengatakan, pihaknya akan mengajak seluruh pihak terkait untuk mengunjungi stand pameran satu per satu.

“Lebih dari 150 stand teknologi tepat guna didirikan berbagai provinsi, swasta, sekolah menengah kejuruan (SMK), dan kementerian,” imbuhnya.

Fasilitas dalam Gelar TTGN XXIV

Selain stand, disediakan pula ruangan temu bisnis, antara para inovator dari desa dengan swasta yang memiliki minat luas pada teknologi tepat guna. Pada ruangan yang sama juga disiapkan konsultasi dengan Bengkel Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kemendesa PDTT. Kemendesa PDTT memberikan dukungan penuh dan gratis bagi inovator desa untuk mendaftarkan HAKI atas karyanya. Tak hanya itu, Kemendesa PDTT juga akan mendampingi proses untuk kebutuhan sertifikasi alat, paten teknologi, paten merek, indikator geografis, juga sertifikat benih varietas baru dari desa.

Dalam TTGN XXIV menghadirkan panggung sebagai wahana presentasi para inovator, swasta dan pemerintah daerah (pemda) yang teruji mendukungnya. Tak kalah menarik, para peserta akan dihibur penampilan dari Andika Babang Tamvan dan Ningrat Band yang ikut meramaikan panggung. Selain itu, disuguhkan pula Tarian Kreasi Cak Culay. Dalam rangkaian acara TTGN XXIV, para peserta dari berbagai provinsi juga diajak langsung berwisata ke Pantai Sari Ringgung, Kabupaten Pesawaran. Wisata bahari tersebut populer akan pantai berpasir putih dan lembut, dengan laut yang tenang. Selain ke pantai, peserta akan diajak mengunjungi Desa Cerdas di Desa Hanura.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Upaya Memperluas Cakrawa Artistik JLF 2024 Gelar Lengger Banyumasan

15 Juni 2024 - 10:01 WIB

Kapolres Metro Bekasi Gelar Olahraga Bersama Dan Berikan Doorprize Sambut HUT Bhayangkara ke -78

14 Juni 2024 - 17:55 WIB

INTERVENSI SERENTAK PENCEGAHAN STUNTING DI CIKULUR

12 Juni 2024 - 12:03 WIB

Terbukti Langgar AD/ART dan Kode Etik, FORKI Malut Beroleh SP-Satu Dari KONI Malut

10 Juni 2024 - 21:00 WIB

Ajak jaga Keamanan Lingkungan, Polres Metro Bekas Laksanakan Kunjungan Ke Wilayah Hukum Polres Metro Bekasii

9 Juni 2024 - 11:34 WIB

Dukung Kiayi Aep, Milenial di Lebak Inginkan Lebak Melesat Berkemajuan

4 Juni 2024 - 19:01 WIB

Trending di RAGAM