Menu

Mode Gelap
Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

PENDIDIKAN · 20 Jun 2023 18:07 WIB ·

Menghadapi Perkembangan Zaman, MAN Bantaeng Terapkan Kurikulum Merdeka


 Menghadapi Perkembangan Zaman, MAN Bantaeng Terapkan Kurikulum Merdeka Perbesar

Desa Merdeka – Bantaeng : Kurikulum merupakan serangkaian mata pelajaran yang harus di tempuh oleh peserta didik. Penerapannya sangat penting dalam dunia pendidikan dan mempengaruhi segala aktivitas pembelajaran. Kurikulum menjadi sebuah dokumen yang mencakup substansi yang berisi rumusan tujuan, bahan ajar kegiatan dan program belajar mengajar, serta bahan evaluasi bagi peserta didik. Seiring dengan berputarnya waktu dan bergantinya zaman, kurikulum sebagai acuan pembelajaran sudah beberapa kali mengalami pergantian sekurangnya sudah sebelas (11) kali selama proses pendidikan formal di laksanakan dan terakhir di tahun 2013 dengan istilah kurikulum 13. Untuk kesekian kalinya kurikulum mengalami metamorfosis, di bulan februari 2022 Mendikburistek meluncurkan kurikulum merdeka dengan program merdeka belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bakal menggantikan posisi kurikulum 13 sebagai acuan dalam melakukan proses belajar mengajar. Jika sebelumnya kurikulum menekankan pendidikan moral, semangat religius, sikap sosial, pengetahuan faktual dan prosedural meta kognitif menjadi satu kesatuan, maka di dalam kurikulum merdeka mendorong untuk meningkatkan kompetensi, fleksibel, pembelajaran dan karakter Pancasila dalam upaya pembelajaran untuk mewujudkan transformasi pendidikanyang lebih unggul.

Di temui di sela – sela kegiatan wakil kepala bagian kurikulum Madrasah Aliyah Negeri MAN Bantaeng ibu Sukmawati, S.Si.M.Pd menjelaskan bahwa MAN Bantaeng merupakan salah satu pilot project dari 22 lembaga pendidikan yang sama di Sulawesi Selatan dan di terapkan setahun yang lalu pada tahun ajaran 2022/2023, sehingga baru kelas sepuluh (X) yang menggunakan kurikulum tersebut sementara kelas sebelas dan dua belas (XI & XII) masih menganut kurikulum 13 sebagai landasan pembelajarannya. Dia mengakui bahwa keunggulan kurikulum Merdeka lebih sederhana dan fokus pada materi tujuan serta pengembangan kompetensi peserta didik pada masanya dan menciptakan anak cerdas dan unggul yang memiliki karakter sebagai pelajar Pancasila, tutur ibu Sukma.

Penulis berkunjung dengan dua tujuan yang sama yang pertama sebagaimana yang di uraikan di atas dan kedua yakni berkoordinasi terkait rencana penelitian yang akan di lakukan oleh seorang mahasiswa UNM Makassar pada fakultas Ilmu Pendidikan jurusan teknologi Pendidikan. Menurut dia, Dosen pembimbing  merekomendasikan untuk melakukan penelitian di sekolah berbasis Aliyah dan telah menggunakan kurikulum merdeka, pada hari yang sama dari beberapa yayasan dan pondok pesantren yang penulis hubungi baru MAN Bantaeng yang berada di kecamatan Gantarangkeke yang mengimplementasikan kurikulum merdeka sebagai kerangka acuan pembelajaran sementara yang lain menunggu tahun ajaran berikutnya untuk menerapkan kurikulum tersebut, ungkap salah satu pembina pondok yang sempat penulis hubungi.

Saat ini MAN Bantaeng melakukan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2023/2024. Ayo daftarkan anak anda ke Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) menuju Insan cerdas religius…!!! 

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Cetak Kader Militan, 40 Kader PMII Ikuti Pelatihan Kader Dasar Di Purbalingga

12 Juli 2024 - 05:06 WIB

Pemkab Banyumas Berikan Penghargaan Kepada 80 Siswa Berprestasi

4 Juli 2024 - 19:05 WIB

Dies Natalis Ke-7, Universitas Nasional Karangturi Semarang Gelar Open House Meriah

2 Juli 2024 - 16:00 WIB

Pemprov Sumbar Tegaskan Komitmen Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa

23 Juni 2024 - 23:34 WIB

Wisuda Penuh Semangat Mengantar Generasi Baru MI Al-Huda Sidomulyo

19 Juni 2024 - 19:52 WIB

SMPN 1 Pebayuran Terima Bantuan Rehabilitasi Gedung Sekolah dari Pemkab Bekasi

14 Juni 2024 - 10:40 WIB

Trending di PENDIDIKAN