Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

EKBIS · 25 Jul 2023 16:48 WIB ·

Pastikan Dana Desa Tepat Sasaran, TAPM Bantaeng Lakukan Monitoring


 Pastikan Dana Desa Tepat Sasaran, TAPM Bantaeng Lakukan Monitoring Perbesar

Bantaeng (DESA MERDEKA) : Dana Desa sebagai mana yang di atur dalam permendes PDTT nomor 8/2022 antara lain memprioritaskan untuk pemulihan ekonomi nasional, mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam untuk mendukung pencapaian SDGs Desa. Sementara di kutip dari djkp.kemenkeu.go.id bahwa penggunaan dana desa diarahkan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan yang di tuangkan dalam rencana kerja pemerintah Desa (RKPDes)

Sehubungan dengan hal tersebut selasa 25/7/2023 Alim Isra dan Ir. Amir Ali selaku TAPM Kabupaten Bantaeng di temani dua orang dari unsur DPMD melakukan monitoring untuk memantau progres pembangunan kolam renang yang dianggarkan melalui dana Desa dengan nilai kurang lebih 1 Milyar rupiah. Kolam renang dengan sumber mata air yang tak pernah kering walaupuun di terpa kemarau panjang dipersiapkan sebagai salah satu destinasi wisata yang berada di Dusun Masarang Desa Pattallassang kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng Sulsel.

Di sela-sela kunjunganya Isra mengatakan bahwa kolam renang ini sudah cukup ideal dengan penempatan berbagai pot bunga di antara pembatas tembok, sisah bagaimana keterlibatan masyarakat nantinya sebagai objek hadirnya dana desa. Kita semua tahu bahwa adanya dana desa ini tidak lain untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa, maka di perlukan adanya ide pemerintah dan masukan masyarakat bagaimana anggaran yang di miliki Desa khusunya dana Desa manfaatnya bisa di rasakan oleh segenap warga. Sudah tepat adanya pembangunan pariwisata oleh Pemerintah Desa pattallassang untuk memanfaatkan potensi air yang tak pernah kering ini, ujarnya. Adanya Dana Desa bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan dan kesenjangan, membangun infrastruktur desa sesuai dengan kearifan lokal, meningkatkan nilai-nilai keagamaan, sosial dan budaya dengan tujuan kesejahteraan sosial serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat, inilah inti dari dana desa yang di percayakan di kelola langsung oleh pemdes namun perlu di ingat bahwa jika selama ini Desa hanya menunggu transferan dari pemerintah pusat, maka dalam hal ini di butuhkan inovasi pemdes agar desa bisa berpenghasilan sendiri melalui aset yang dimiliki seperti apa yg di lakukan desa Pattallassang saat ini, ucap Isra menambahkan.


Dari kunjungan wisatawan nantinya, masyarakat berpeluang membuka usaha, yang berkaitan dengan renang, sewa pelampung (Ban dalam Bekas) beragam kuliner bernuansa Desa. Kue-kue tradisional dan lain-lain kebutuhan pengunjung, apa lagi dengan adanya persawahan di sebelah selatan kolam, bisa di desain untuk spot poto, tempat makan alah rumah sawah, tempat mancing ikan ataupun petik daun sayur sendiri oleh pengunjung dengan memanfaatkan lahan yang ada. Disini perputaran ekonomi bisa terjadi dan menjadi pasar bagi masyarakat. tandas Amir, TAPM kabupaten. Lanjut dia Pengelolaan dana desa agar senantiasa merujuk pada aturan yang ada agar pemerintah bisa bekerja dengan tenang, perbaiki pencatatan keuangan dan fokus mendanai yang secara langsung bisa di rasakan manfaatnya oleh masyarakat, tambahnya mengingatkan.

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pak Armansyah Tingkatkan Ekonomi Keluarga dengan Budidaya Lebah Madu Galo-Galo

9 Juni 2024 - 15:29 WIB

Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

28 Maret 2024 - 20:43 WIB

Presiden Joko Widodo berkunjung pasar diwonogiri

2 Februari 2024 - 05:59 WIB

PBI Gerbangmassa Fasilitasi 1.000 NIB UMKM Sragen

22 Desember 2023 - 16:04 WIB

PBI Gerbangmassa Fasilitaasi 1.000 NIB

KPPU Lakukan Sosialisasi Peran KPPU Bersama Anggota Komisi VI DPR RI Luluk Nur Hamidah

5 Desember 2023 - 11:46 WIB

KPPU Lakukan Sosialisasi Peran KPPU Bersama Luluk Nur Hamidah

Pinang Wangi Sikucua Padang Pariaman menjadi Varietas Unggul Baru 2023

30 Oktober 2023 - 10:29 WIB

Trending di EKBIS