Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 2 Mei 2023 08:15 WIB ·

Masyarakat Desa: Tingkatkan Kecintaan Terhadap Daerah!


 Masyarakat Desa:  Tingkatkan Kecintaan Terhadap Daerah! Perbesar

Ciamis ( DESA MERDEKA ) – Masyarakat harus lebih meningkatkan kecintaan terhadap daerah sebagai modal utama untuk membangun desa agar lebih maju dan sejahtera.

Hal itu diucapkan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra ketika menghadiri acara tasyakur milangkala Desa Andapraja Kecamatan Rajadesa di Halaman Balai Desa Andapraja Kecamatan Rajadesa, Sabtu (29/04/2023).

Menurut Wabup, Andapraja merupakan salah satu dari 116 desa yang termasuk kategori Desa Mandiri di Kabupaten Ciamis, untuk itu pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Andapraja agar lebih meningkatkan kecintaan terhadap daerahnya.

Wabup juga berharap, melalui kegiatan ini bisa lebih meningkatkan kecintaan masyarakat pada desanya, karena kalau sudah cinta maka akan timbul rasa memiliki, hal itu penting agar desa lebih maju dan sejahtera.

“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak, mulai kepala desa, camat, dan kepala dinas yang tadinya tahun 2019 lalu di Kabupaten Ciamis hanya ada 19 Desa Mandiri, kini di tahun ke empat sudah mencapai 116 Desa Mandiri. Meskipun kondisi sulit tapi tidak meredupkan semangat kita untuk tetap membangun,” jelas Wabup.

Wabup juga mengungkapkan dalam kondisi serba sulit seperti saat ini masyarakat dituntut untuk berfikir Out Of The Box yakni bagaimana hal kecil dapat menghasilkan sesuatu yang besar. Menurutnya Bi-Adillatil Umaro (dengan keadilan para pemimpin/pejabat/pemerintah/penguasa), salah satu syarat majunya suatu daerah. Selain itu bi’ilmil ulama (dengan ilmu ulama), bisaqoowatil aghniyaa (peran para aghniya/orang-orang kaya), keempat Bidu’ail fuqara-i wal masaakiin (doanya orang-orang lemah)

“Ada empat syarat utama majunya suatu daerah yaitu dengan ilmunya para ulama, adilnya para pemimpin, peran para agniya dan terakhir doanya orang-orang fakir dan miskin,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, ratusan masyarakat Desa Andalraja nampak hadir memeriahkan acara milangkala desanya. Acara diisi dengan penampilan berbagai macam kesenian, keagamaan dan bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat Desa Andapraja.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Trending di DESA