Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

RAGAM · 10 Jul 2024 13:45 WIB ·

Maninjau Bangun Masjid Ar-Rahim dan Asrama Putri untuk Generasi Qur’ani


 Maninjau Bangun Masjid Ar-Rahim dan Asrama Putri untuk Generasi Qur’ani Perbesar

Agam (DESA MERDEKA) – Sebuah masjid yang diharapkan menjadi pusat pembinaan generasi muda di daerah yang dalam catatan sejarah melahirkan banyak pahlawan nasional, telah berdiri megah di kompleks TK-SD Rasuna Said, Panyinggahan, Maninjau, Kabupaten Agam.

“Para pendahulu kita ini memiliki pola pendidikan yang memadukan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama. Kita ingin generasi muda Agam dapat meneladani hal tersebut,” ujar Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), usai meresmikan Masjid Ar-Rahim, Selasa (9/7/2024).

Selain meresmikan masjid, Gubernur Mahyeldi juga mengunjungi Cagar Budaya Museum Hadji Moehamad Said dan meletakkan batu pertama pembangunan asrama putri serta rumah tahfizh MAN 1 Agam. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan keagamaan di Agam.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menegaskan pentingnya keberadaan sarana pendidikan dan rumah ibadah seperti Masjid Ar-Rahim untuk membina generasi masa depan. Ia mencontohkan para pahlawan nasional dan tokoh bangsa yang berasal dari Agam, seperti Rangkayo Hajah Rasuna Said, H. Agus Salim, AK Gani, Mohammad Natsir, dan Buya Hamka.

Oleh karena itu, Gubernur Mahyeldi berharap agar keberadaan Masjid Ar-Rahim dan sarana pendidikan lainnya di Maninjau dapat dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para donatur, terutama perantau Maninjau dan keluarga besar Rangkayo Hajah Rasuna Said, yang telah berkontribusi dalam pembangunan sarana tersebut.

Bupati Agam, Andri Warman, menambahkan bahwa Pemkab Agam berkomitmen untuk terus memperbanyak sarana ibadah dan rumah tahfizh di daerahnya. Khusus untuk Masjid Ar-Rahim, Pemkab Agam telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta untuk pembangunannya.

“Kita harapkan masjid ini dapat menjadi pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, dan kemasyarakatan di Maninjau,” ujar Bupati Andri Warman.

Acara peresmian Masjid Ar-Rahim ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Agam, Thomas Febria; Kepala Dinas Pendidikan Agam, Taslim; Staf Ahli Bupati Agam, Roza; Camat Tanjung Raya, Hafiz; Kapolsek Tanjung Raya, Muzakar; Danramil Tanjung Raya; Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam Maninjau; Pimpinan TK-SD Islam Rasuna Said; serta Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Tanjung Raya.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

WIES 2025: Peluang Besar bagi Industri Halal Sumatera Barat Mendunia!

10 Juli 2024 - 13:12 WIB

Perbaikan Jalan Nasional Lembah Anai Dikebut, Ditargetkan Selesai Juli 2024

10 Juli 2024 - 11:39 WIB

Semarak Kemerdekaan di Ranah Minang: 40 Kegiatan Siap Digelar Pemprov Sumbar

9 Juli 2024 - 11:04 WIB

Dorong BUMDesa Ekspor Anggrek, Gus Halim Temui Menteri LHK Siti Nurbaya

8 Juli 2024 - 18:44 WIB

Festival Banjoemas Kota Lama Ditutup dengan Ruwat Sukerta

8 Juli 2024 - 01:35 WIB

Kandang/Tandang #2: Los Future Hadirkan Perpaduan Seni Elektronik, Diskusi, dan Pesta di Semarang

5 Juli 2024 - 22:16 WIB

Trending di RAGAM