Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

LINGKUNGAN · 1 Jun 2023 15:06 WIB ·

Luncurkan Bank Sampah Desa Maradap, Pemdes Upayakan Pilah Sampah Dari Asalnya


 Luncurkan Bank Sampah Desa Maradap, Pemdes Upayakan Pilah Sampah Dari Asalnya Perbesar

Balangan (DESA MERDEKA) – Upaya Pemerintah Desa Maradap Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan untuk mengelola sampah melalui pemilahan di tingkat rumah tangga, diwujudnyatakan dengan mendirikan bank sampah.

“Dengan adanya bank sampah ini setidaknya dapat membantu pemerintah daerah untuk mengurangi volume sampah yang berasal dari kegiatan rumah tangga,” terang Reni, Camat Paringin Selatan, saat meluncurkan program Bank sampah Desa Maradap, di Balai Desa Maradap, Selasa (30/5).

Peluncuran Bank sampah tersebut, sebagaimana disampaikan Reni, merupakan salah satu bentuk kolaborasi kegiatan bersama, antara pemerintah desa serta TP PKK Balangan.

“Kami harap nantinya untuk ibu- ibu kader PKK maupun yang turut berhadir disini bisa menjadi nasabah di bank sampah ini dan membantu mendorong partisipasi masyarakat untuk mengurangi sampah,” ujar Reni.

Diungkapkan Reni, program bank sampah ini sejatinya sejalan dengan program kecamatan dan TP PKK kecamatan.

“Dan kami yakin karena sasarannya adalah rumah tangga, kami harap peran PKK Desa Maradap inilah nantinya yang dapat menjadi duta sosialisasi untuk masyarakat yang ada di desa,” ujar Reni.

 

“Kami berharap dengan istilah markisa dapur (mari kita kelola sampah dapur) yang pada tahun ini kami kampanyekan di setiap kegiatan yang ada di desa,” terang Reni.

kedepannya juga setiap desa akan dibimbing untuk pemilahan sampah organik dan anorganik Apalagi sampah organik sekarang ini bisa diolah kembali menjadi pupuk dan anorganik bisa dijadikan kerajinan maupun didaur ulang kembali.

“Setidaknya hal ini kami harap bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di tingkat desa kedepannya,”pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

PAC Pemuda Pancasila Pebayuran Bagikan Takjil

29 Maret 2024 - 18:38 WIB

Peduli Pelestarian Alam Ansor Banser Gajah Tanam 500 Pohon Pule

9 Maret 2024 - 18:48 WIB

Komitmen Selamatkan 20.000 Jiwa, Polres Banyuasin Musnahkan Barang Narkotika

16 Januari 2024 - 13:44 WIB

Sinergritas DLH kabupaten Malang , Pemdes dan KSM desa Sitiarjo untuk lingkungan hidup

10 Januari 2024 - 14:06 WIB

Kisah Sukses Zailani dan Bukit Asam Budidaya Tanaman Berbasis Otomasi

31 Oktober 2023 - 17:30 WIB

DPRD Kabupaten PALI Mediasi Antara PT GBS  dan EMAB, Ini Hasilnya

24 Oktober 2023 - 21:41 WIB

Trending di LINGKUNGAN